Ustadz Yusuf Mansur Sebut Potensi Bisnis di Pesantren Bisa Capai Rp2 Triliun

106

Jakarta, Muslim Obsession – Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, pondok pesantren jika bisa dikelola dengan baik bisa membuat putaran ekonomi masyarakat berkembang. Karena potensi bisnis di pesantren ia prediksi bisa mencapai Rp 2 triliun per bulan.

Untuk itu, Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Quran di Tangerang itu berencana melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) terhadap bisnis di pesantren.

“Kita akan IPO-in bisnis-bisnis di pesantren sehingga pemilik bisnis pesantren itu adalah para wali santri juga dan masyarakat umum. Kalau kapitalisasinya rata-rata kisaran Rp 1-2 juta per bulan, berarti kan sudah Rp 2 triliun per bulan, Rp 24 triliun per tahun, ini bisnis bagus masa kagak mau,” kata Yusuf Mansur seperti dikutip, detiknews, Kamis (23/12).

“Terserah nanti pemirsa (tanggapannya) ‘jadi ustadz kok bisnis’, ya terserah silakan narasinya,” tambahnya.

Yusuf Mansur menjelaskan bisnis di pesantren itu jenis bermacam-macam, seperti laundry, hingga makanan dan minuman. Dari laundry saja, keuntungan yang didapat bisa sangat besar.

“Izin Allah nih, di Daarul Quran laundry saja bisa Rp 400-500 juta sebulan, alias setahun bisa Rp 5-6 miliar,” bebernya.

Jika keputusan IPO diikuti oleh pesantren lainnya, maka keuntungan bisa ikut dirasakan oleh ribuan pelaku murid di dalamnya.

“Kalau satu pesantren sudah Rp 1 miliar laundry-nya, bagaimana 1.000 pesantren, berarti kan Rp 1 triliun itu. Ada 1.000 murid, 1.000 anak, berarti 1.000 kerupuk, 1.000 kopi, 1.000 sirup, 1.000 teh, 1.000 roti,” tandasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here