Soal Capres PDI-P, Megawati: Itu Hak Prerogatif Saya

47

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa urusan pencalonan presiden di partai sepenuhnya menjadi kewenangan dia sebagai orang nomor satu di partai.

Hal itu ia sampaikan saat pidato politik pada perayaan ulang tahun ke-50 PDIP di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1).

Bekas Presiden RI ke-5 itu menegaskan dirinya telah diberi mandat oleh Kongres sebagai forum tertinggi partai untuk menetapkan capres dari partai banteng.

“Saya ketum terpilih di kongres partai sebagai institusi tertinggi partai, maka oleh kongres partai diberikan lah ketum terpilih, hak prerogatif siapa yang akan dicalonkan,” kata Megawati.

“Saiki nunggin nggak ada, ini urusan gue,” tambahnya di hadapan ribuan kader.

Beberapa di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif.

Sejumlah kalangan menilai peringatan HUT di tahun ini bakal menjadi pijakan penting yang menentukan arah pertaruhan PDIP menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

Sebagai partai pemenang Pemilu 2019 yang memiliki suara melampaui ambang batas pencalonan pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) alias presidential threshold, PDIP justru belum mendeklarasikan nama kandidat yang bakal diusung.

Sikap politik PDIP itu sangat berbeda dengan sikap partai politik (parpol) lain, yang sudah mendeklarasikan nama kandidat capres hingga membentuk poros koalisi untuk mengusung pasangan capres-cawapres. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here