Puan Maharani Diangkat Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir

18

Jakarta, Muslim Obsession – Usia mengikuti simulasi perang, Ketua DPR Puan Maharani diangkat menjadi “warga kehormatan” Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Gelar itu diberikan di Pulau Damar Besar atau Pulau Edam, Kepulauan Seribu, Selasa (24/1/2023). Acara ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Puan menerima brevet warga kehormatan Marinir di atas tank amfibi.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan saya sebagai warga kehormatan Korps Marinir,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa.

“Pembaretan ini tidak sekadar simbol, tapi tanggung jawab bagi saya untuk mengamalkan nilai-nilai prajurit Korps Marinir yang menjadi garda depan melindungi NKRI dan seluruh tumpah darah Indonesia,” kata dia.

Puan saat ini ia menjadi perempuan satu-satunya yang menjadi Warga Kehormatan Marinir. Ia pun merasa bangga dengan pencapaian tersebut.

Ketua DPP PDI-P ini mengapresiasi keluarga besar Marinir yang memberinya kesempatan untuk mengikuti simulasi perang amfibi.

“Ternyata kita perempuan bisa dan mampu. Walau pun singkat, ternyata tidak mudah. Harus punya fisik kuat dan sehat. Ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi saya mendapat kesempatan merasakan penyerbuan Marinir ke Pulau yang dikuasai musuh,” papar Puan.

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini berpandangan bahwa prajurit Marinir dituntut senantiasa mengembangkan kemampuan seiring dengan tantangan tugas yang semakin tidak ringan.

Apalagi, tambah Puan, perkembangan zaman semakin pesat yang turut berdampak terhadap konsep maupun operasi perang.

“Tantangan ke depan bukan akan lebih ringan, pastinya akan lebih berat. Namun kita bersama akan bisa membawa kejayaan Indonesia ke depan. Tentu saja kita akan selalu membawa Indonesia menjadi Indonesia yang sejati-jatinya adalah Indonesia Raya,” kata dia.

Di sisi lain, Puan yakin Korps Marinir akan semakin maju dan lebih baik ke depan. DPR akan senantiasa memberi dukungan terbaik bagi TNI, termasuk untuk Korps Marinir.

“Saya sebagai Ketua DPR RI menegaskan bahwa DPR RI mendukung penguatan Marinir Indonesia, karena dengan begitu kita sejatinya sedang mendukung penegakan kedaulatan Indonesia,” kata dia.

Puan pun mengajak keluarga besar Marinir untuk tetap menegakkan nilai-nilai kedaulatan NKRI dan persatuan Indonesia di manapun bertugas.

Dia berpesan untuk menjadikan perayaan keberagaman sebagai sumber kekuatan bersama, dan bukannya sebagai alasan perpecahan.

“Terus ingatkan kepada semua bahwa Pancasila yang intisarinya adalah gotong royong, merupakan bintang pemandu kita semua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Puan. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here