Mengetahui Siapakah Munaffirrun?

184

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University

Rasulullah ﷺ pernah marah besar terhadap para Imam Shalat yang MUNAFFIRUUN. Karena berdampak NEGATIF pada kegiatan shalat berjamaah.

TRUE STORIES:

“Suatu hari, orang yang sudah berjanji menemui Rasulullah ﷺ terlambat datang, sehingga Rasulullah ﷺ menunggu nunggunya. Setelah datang terlambat, ia menjelaskan kepada Rasulullah ﷺ alasan datang terlambat.

BACA JUGA: Mengenal Istilah “Tankiis”

Ia terlambat, karena saat shalat Subuh berjamaah, diimami oleh Imam yang berlama-lama dalam shalat. Imam membaca surah yang panjang, rukuk dan sujud yang lama melebihi kewajaran.

Lalu, Rasulullah ﷺ berpidato: “Wahai sekalian Manusia, sungguh ada di antara kalian yang “MUNAFFIRUUN”. Jika ada di antara kalian yang menjadi Imam shalat berjamaah, hendaklah dipersingkat, karena di antara yang di belakang, ada Makmum yang sudah lanjut usia, ada anak-anak kecil dan ada juga orang-orang yang punya keperluan mendesak, orang yang perlu cepat-cepat, dan orang yang sakit-sakitan”.

Kemudian orang yang datang terlambat itu menuturkan, “Saya tidak pernah melihat Rasulullah ﷺ marah di saat berpidato sedahsyat marahnya pada saat itu,” (Hadis Sahih Muttafaqun ‘Alaihi).

BACA JUGA: Siapa yang Layak Jadi Imam Shalat?

جاء رجل الى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: اني لأتأخر عن الصلاة الصبح من أجل فلان مما يطيل بنا، فما رأيت النبي صلى الله عليه وسلم غضب فى موعظة قط أشد مما غضب يومئذ فقال :ياايها الناس ان منكم منفرين. فأيكم أم الناس فليوجز، فان من وراءه الكبير والصغير وذا الحاجة. (متفق عليه)

POINTERS:

1- Apa itu MUNAFFIR (singular), jamaknya MUNAFFIRUUN (plural) – (منفر وجمعها منفرون)?

Adalah: Orang-orang yang berlebih lebihan dalam beribadah, sehingga menyusahkan dan memberatkan diri sendiri dan orang lain. Sehingga menimbulkan rasa berat bahkan berdampak rasa malas atau ketidaksukaan untuk beribadah. Sedangkan Allah SWT menghendaki kemudahan tidak yang memberatkan.

BACA JUGA: Inginkah Didoakan Masuk Surga oleh Para Malaikat?

Firman Allah SWT:

يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر (سورة البقرة ٢ الاية ١٨٥)

“Allah menghendaki kemudahan bagi kamu semua, dan tidak menghendaki ada kesukaran bagimu semua,” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

2- Ini peringatan keras bagi yang akan menjadi Imam Shalat berjamaah. Jika shalat sendiri, silakan berlama-lama, silakan baca yang panjang panjang sesuai keinginan.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan merahmati kita semua dalam melakukan ibadah dan amal shalih.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here