Kemenag Tebar Pesan Perdamaian Lewat PeaceSantren di Pondok Sunan Pandanaran

774

Yogyakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama sukses menggelar PeaceSantren untuk menyampaikan pesan perdamaian. Usai sukses digelar di Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat, pada Rabu (27/3/2024), PeaceSantren berlangsung di Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta.

PeaceSantren di Pondok Sunan Pandanaran berlangsung meriah. Grup Band Gigi kembali hadir dengan senandung lagu religi di hadapan ribuan santri dan santriwati.

“Di Pesantren Sunan Pandanaran ini kita menemukan santri-santri yang sangat energik. Di saat melaksanakan puasa Ramadhan, masih bisa membawakan pesan damai melalui seni musik,” kata Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani.

Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini menambahkan, tema “Program Peacesantren: Pesan damai dari Pesantren yang diluncurkan saat Ramadhan diharapkan mampu menjadi stimulus agar para santri selalu membawa pesan damai di tengah masyarakat.

Kang Dhani menjelaskan bahwa hidup manusia adalah perjalanan luar biasa, kadang mendaki dan menurun. Ini biasa dikenal sebagai dunia kontestasi, hidup yang berlomba-lomba dan sebagainya.

“Mari berlomba-lomba dalam kebaikan. Pada hari ini kita ingin meredakan residu-residu dari kontestasi. Pesan damai tidak bisa disuarakan dengan suara keras, harus dengan seni dan budaya dari pesantren. Mari kita sebarkan pesan damai dari Pesantren,” lanjutnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran DR. KH Al Mu’tashim Billah menyampaikan terima kasih atas penyelenggaran Peacepesantren di pesantrennya.

“Saya pertama kali nonton konser. Biasanya nonton pengajian. Namun, konsernya kali ini kayak ngaji tasawuf,” kata KH Mu’tashim.

Salah satu personil Band Gigi, Gus Ramdhan menilai bahwa perdamaian itu harus ditebar dalam setiap sendi kehidupan.

“Di sinilah (red:pesantren) tempat perdamaian dan kalian harus menebar kedamaian itu,” tegas Gus Ramdhan.

Tampak hadir, Direktur Zakat Wakaf yang juga Plt Direktur Pontren, Waryono Abdul Ghofur, ASN Kemenag DIY, dan para pengasuh Pondok Pesantren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here