Jokowi Tambah Bantuan Korban Gempa Cianjur Rp60 Juta

84

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah bantuan untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat, menjadi Rp60 juta. Ia mengantar langsung bantuan tersebut ke posko pengungsian.

“Tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menkeu, ‘Ada uang atau tidak?’ Ternyata ada sedikit sehingga saya putuskan, yang Rp50 juta akan menjadi Rp60 juta, yang Rp25 juta akan Rp30 juta, yang Rp10 juta akan menjadi Rp15 juta,” kata Jokowi di Cianjur, Kamis (8/12).

Jokowi meminta masyarakat menggunakan uang itu secara bijak. Ia berkata korban gempa di daerah lain ada yang justru menggunakan uang bantuan untuk membeli motor.

Ia ingin masyarakat memakai duit itu untuk membangun kembali rumah yang rusak. Jokowi meminta warga untuk menggunakan bahan yang masih bisa dipakai.

“Titipan saya agar pembangunannya segera dimulai. Rumah-rumah yang runtuh segera dibersihkan dari puing-puing. Yang bisa dipakai batu batanya, yang bisa dipakai ya dibersihkan dipakai lagi. Kayunya yang bisa dipakai, juga agar bisa dipakai lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, gempa mengguncang Cianjur pada Senin (21/11). Kekutan gempa twrsebut magnitudo 5,6. Sekitar 53 ribu rumah rusak karena gempa itu.

Sebanyak 334 warga tewas, 114.751 jiwa mengungsi di 264 titik posko pengungsian, serta 8 orang masih dalam pencarian. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here