Jokowi Juluki IKN Nusantara 10 Minutes City

164
Presiden Jokowi.

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo menjuluki Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai 10 Minutes City. Dia menyampaikan masyarakat nantinya hanya butuh 10 menit untuk mengelilingi seluruh penjuru ibu kota baru.

Jokowi mengatakan IKN Nusantara dibangun dengan memprioritaskan jalur pejalan kaki. Transportasi yang tersedia di ibu kota baru adalah kendaraan umum ramah lingkungan.

“Ibu kota baru, dari satu titik ke titik lain, diperkirakan city planner, memakan waktu 10 menit. Jadi, ini 10 Minutes City. Dari sini ke sini, dari sini ke sini, semuanya 10 menit,” kata Jokowi dalam peresmian Nasdem Tower di Jakarta, Selasa (22/2).

Jokowi berkata IKN Nusantara cocok jadi tempat tinggal warga yang suka berjalan kaki. Kota ini, kaya Jokowi, juga cocok bagi orang-orang yang hobi bersepeda.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak mau ada kendaraan pribadi di IKN Nusantara. Dia bilang pemerintah akan menyediakan transportasi publik untuk mobilitas warga.

“Kalau yang senang naik mobil, apalagi yang mobilnya pakai BBM fosil, jangan pindah ke ibu kota baru,” ujarnya.

Jokowi ingin ibu kota baru didirikan dengan berbagai teknologi mutakhir ramah lingkungan. Dia pun mengklaim energi yang akan digunakan di IKN Nusantara adalah energi hijau.

“Delapan puluh persen transportasi publik, bukan mobil pribadi. Delapan puluh persen lebih nanti menggunakan energi hijau, hydropower dari Sungai Kayan di Kalimantan Utara,” tutur Jokowi.

Pemindahan ibu kota negara masih dalam tahap perencanaan. Pemerintah saat ini sedang merumuskan berbagai aturan turunan Undang-Undang Ibu Kota Negara.

Ibu kota negara baru akan dipindahkan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan keputusan presiden. Hingga saat itu tiba, DKI Jakarta maish berstatus ibu kota negara. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here