Jakarta Muslim Fashion Week Ajang Kenalkan Dunia Fesyen ke Pentas Internasional

231
Fashion Week (Photo: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Indonesia memiliki peran penting sebagai konsumen busana muslim dan punya prospek yang besar dalam mendominasi distribusi produk fesyen muslim secara global.

Kekuatan fesyen muslim Indonesia terletak pada keragaman desainnya yang kaya ciri khas budaya serta didukung oleh industri garmen, tekstil, sepatu, dan aksesoris yang besar.

Semua keunggulan ini yang penting untuk diperkenalkan ke dunia fesyen Internasional lewat event Jakarta Muslim Fashion Week yang diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan RI bersama KADIN.

Melalui Jakarta Muslim Fashion Week, fesyen muslim Indonesia menjadi semakin kuat di pasar domestik dan peluang bisnis ke pasar global akan terbuka luas hingga pada akhirnya dapat menetapkan posisi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, kekuatan pasar fesyen muslim Indonesia harus mampu menciptakan industri yang bagus dan menjadi pangsa pasar ekspor.

“Tugas kami sebagai Kementerian Perdagangan adalah mendorong industri, akademisi, dan para desainer fesyen muslim agar bisa berkolaborasi bersama untuk menciptakan kekuatan pasar fesyen muslim Indonesia,” ungkap Lutfi.

Sebagai langkah awal memperkenalkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia ini, akan diadakan acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week yang berlangsung pada pada tanggal 18 November 2021 di di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pada Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan ada berbagai rangkaian acara. Acara utamanya adalah 3 parade fashion show yang menampilkan karya-karya dari 39 desainer dan brand fesyen muslim.

Para desainer dan brand ini terdiri dari 12 brand muslim fashion, 12 brand fashion contemporary, dan 15 upcoming designer dari berbagai sekolah fashion Indonesia.

Seluruh acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week dapat dinikmati pencinta fesyen secara langsung di venue dan akan ditayangkan secara online ke seluruh dunia melalui berbagai platform digital.

Bawa ke Tingkat Dunia

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan diluncurkan secara resmi di tahun 2022 sebagai bagian dari rangkaian acara Trade Expo Indonesia ke-37 pada 2022 mendatang.

Jakarta Muslim Fashion Week akan menjadi program tahunan Kemendag dan KADIN, berupa acara satu minggu fashion week (pekan busana) yang rutin diadakan hingga tahun 2024.

Mendag Lutfi melihat, kekuatan busana muslim Indonesia terletak pada keragaman desainnya yang kaya ciri khas budaya serta dukungan dari industri garmen dan tekstil yang besar. Semua keunggulan ini penting untuk diperkenalkan ke dunia mode Internasional melalui acara Jakarta Muslim Fashion Week.

Melalui Jakarta Muslim Fashion Week, busana muslim Indonesia menjadi semakin kuat di pasar domestik dan peluang bisnis ke pasar global akan terbuka luas, hingga pada akhirnya dapat menetapkan posisi Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia.

Pada Jakarta Muslim Fashion Week 2022, tema yang diangkat akan menitikberatkan pada edukasi, dengan terus memberi pesan kepada dunia bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi busana muslim global sekaligus memperkuat industri busana muslim di dalam negeri.

Kemudian dengan Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Indonesia akan lebih memperkuat penjenamaan busana muslim Indonesia ke pasar global. Lalu di tahun 2024, Indonesia sudah akan mendeklarasikan dirinya sebagai pusat busana muslim dunia dan Jakarta Muslim Fashion Week sudah akan diakui sebagai acara busana Internasional.

Mendag Lutfi berharap gagasan Jakarta Muslim Fashion Week akan semakin memperkenalkan karya-karya wastra Indonesia, yang antara lain berupa batik, tenun, dan bordir, ke tingkat global.

Dengan penjenamaan busana muslim Indonesia yang kuat, Mendag Lutfi juga berharap ekspor produk Indonesia akan meningkat dan komoditas busana muslim dapat menjadi sumber devisa yang signifikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here