Hikmah Rahmani: Jangan Menyerah

241

Oleh: Habib Abdul Rahman Al-Habsyi (Sahabat Iman)

Kehidupan bukanlah jalan yang mulus yang mudah dilalui, dimana kita bisa bepergian bebas tanpa halangan.

Kehidupan seringkali berupa jalan-jalan sempit yang terkadang menyesatkan, dimana saat kita sedang menempuh perjalanan suka tersesat dan bingung. Sering rasanya sampai pada jalan yang tak berujung.

BACA JUGA:

Hikmah Rahmani: Kenali Musuhmu

Hikmah Rahmani: Hakikat Waktu

Hikmah Rahmani: Amal Tiada Henti

Sejatinya hidup ini adalah sebuah perjalanan yang harus dinikmati dan dilalui dengan baik, mengumpulkan bekal yang cukup untuk amunisi di pemberhentian utama di akhirat nanti.

Namun, jika kita punya keyakinan kepada Sang Maha Pemilik Kehidupan, pintu kelapangan pasti akan dibukakan untuk kita. Mungkin bukan pintu yang selalu kita inginkan, namun pintu yang akhirnya menjadi bukti tentang hal yang terbaik untuk kita.

Jika kita sudah ditakdirkan mampu menyelesaikan setiap masalah yang datang, lalu bagaimana kita menyikapi masalah tersebut? tentu saja kita harus memiliki senjata ampuh untuk mengatasinya bukan?

BACA JUGA: Hikmah Rahmani: Mengenal Takdir

Di antara senjata yang bisa kita gunakan adalah sabar, ikhlas, ikhtiar, dan syukur. Dengan kolaborasi empat senjata tersebut, yakinlah bahwa semua akan baik baik saja dan berakhir melegakan.

رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّمَ: ثَلاثٌ يُدرِكُ بِهِنَّ العَبدُ رَغائِبَ الدُّنيا وَالآخِرَةِ: الصَّبرُ عَلَى البَلايا، وَالرِّضا بِالقَضاءِ، وَالدُّعاءُ فِي الرَّخاءِ. (كنز العمّال: ج 15 ص 808 ح 43211 نقلاً عن أبي الشيخ عن عمران بن حصين، الجامع الصغير: ج 1 ص 538 ح 3489)

“Rasulullah bersabda: Tiga hal yang dengannya seseorang akan mencapai kesenangan dunia dan akhirat: sabar terhadap musibah, rela terhadap ketentuan Allah, dan berdoa ketika senang”.

Janganlah menyerah, Saudaraku..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here