Haedar Resmikan RS PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar

68
Haedar Nashir (Foto: Muhammadiyah)

Muslim Obsession — Muhammadiyah Resmikan RS PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar dan pencanangan bangunan kampus bagi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam sambutannya pada, Senin (16/5) menyatakan dengan tegas bahwa Muhammadiyah dengan sumber daya yang dimilikinya berkhidmat bagi kesehatan bangsa. Fasilitas kesehatan yang dibangun oleh Muhammadiyah untuk semua.

“Muhammadiyah hadir untuk bangsa, Muhammadiyah hadir untuk kemanusiaan semesta tanpa membedakan agama, suku, ras, golongan, dan pilihan politik. Muhammadiyah milik semua untuk semua, itulah spirit Al Ma’un kita lewat rumah sakit ini dan lewat FKIK Unismuh,” tuturnya.

Selain bidang kesehatan, Muhammadiyah juga memiliki Amal Usaha (AUM) di bidang pendidikan. Keberadaan AUM bidang pendidikan, kata Haedar, untuk meningkatkan sumber daya insani. Muhammadiyah menyadari betul bahwa, peringkat pembangunan manusia Indonesia masih tercecer dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN.

“Kita ingin mendongkrak kondisi itu, kami percaya baik di Sulawesi atau di seluruh tanah air sampai ke pelosok, bahwa anak-anak bangsa kita ini punya potensi SDM yang bagus. Tapi perlu sarana dan sistem pendidikan yang meningkatkan daya saing, kualitas, sekaligus juga pengkhidmatan mereka untuk bangsa,” sambung Haedar.

Muhammadiyah dengan segala sumber daya yang dimiliki dalam menyongsong Indonesia maju menjadi pilar strategis. Haedar mencontohkan dengan adanya Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar yang akan banyak melahirkan sumber daya insani dalam bidang kesehatan.

Melalui adanya FKIK Muhammadiyah berkomitmen terus melahirkan dokter yang berkhidmat dalam membangun kesehatan bangsa. Pencanangan pembangunan gedung kampus FKIK Unismuh Makassar setinggi 13 lantai, kata Haedar, sebagai era baru bagi Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Selain itu FKIK Unismuh juga terakreditasi institusi A, menjadi satu-satunya FKIK swasta di Sulsel yang terakreditasi A.

Melihat tampilan Gedung RS PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar, Haedar menyebut bahwa itu tanda rumah sakit Muhammadiyah yang modern, berkemajuan, dan tidak lain tujuannya adalah untuk memberi pelayanan maksimal untuk masyarakat luas di seluruh Sulawesi Selatan, bahkan untuk masyarakat Indonesia.

“Dengan rumah sakit ini akan bersama membangun kesehatan masyarakat dengan seluruh komponen bangsa termasuk pemerintah,” tuturnya.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here