Digelar Hybrid, PJMI Laksanakan Munas III

119

Jakarta, Muslim Obsession – Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) III bertema “Meneguhkan Peran Jurnalis Muslim di era Digital dan Medsos agar Mampu Menjawab Tantangan Zaman” di The Bridge Function Room Hotel Horizon, Jakarta pada Kamis (4/8/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir secara virtual memberikan sambutan dalam acara tersebut.

“Izinkan dalam kesempatan ini kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya Munas ke-3 Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI). Sebuah tema yang menarik. Selamat Munas. Selamat berdiskusi. Salam hangat dari Balaikota,” kata Anies.

Anies berharap dari Munas ini muncul gagasan, terobosan, sehingga jurnalis muslim akan bisa menghadirkan informasi yang obyektif yang mencerahkan, mencerdaskan, dan memberikan manfaat bagi semua.

Ketua Panitia Pelaksana Munas PJMI ke-3 Ismail Lutan menjelaskan, Munas digelar secara hibrida (luring dan daring) diikuti 75 orang peserta, berasal dari Jakarta dan daerah, terdiri dari wartawan Muslim, pegiat medsos dan praktisi Pers.

Rangkaian acara Munas PJMI III diawali diskusi membahas Perlindungan Hukum & Perbaikan Moral Bangsa, juga Peran Jurnalis Muslim di Era Digital & Jurnalisme Medsos, dan ditutup dengan Musyawarah Pemilihan Ketua Baru.

Selain itu, hadir sejumlah pakar dan tokoh, antara lain Parni Hadi (Tokoh Pers/wartawan senior), Awalil Rizki (Ekonom Kerakyatan), KH Masyhuril Khamis Ketua MUI Bidang Penegakan Moral dan Etika Bangsa), Mohammad Bawazeer (Mantan Pengurus Kadin Urusan Timur Tengah), dan Muhammad Lutfie (Wakil Dekan Pascasarjana Universitas Djuanda), serta pendiri PJMI Mohammad Anthony dan Iwan Samariansyah.

PJMI yang berdiri sejak 2011 lalu, selain mewadahi jurnalis juga para penulis, pegiat media sosial dan blogger.

Adapun visi misi dari PJMI didirikan antara lain atas sebuah kesadaran sejarah dari para jurnalis muslim tentang pentingnya pembelaan terhadap nilai-nilai keadilan dalam penyampaian informasi.

PJMI telah banyak berkontribusi terhadap perkembangan dunia pers di Tanah Air. Memasuki era jurnalisme digital yang ditandai dengan berkembang pesatnya media sosial (Medsos), PJMI terus meningkatkan profesionalitas dengan tetap berpegang teguh kepada kebenaran, keadilan dan kejujuran.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here