Cara Berbakti kepada Orangtua yang Telah Meninggal Dunia

598

Muslim Obsession – Seorang anak yang shalih pasti menjadikan bakti kepada kedua orangtua sebagai prioritas hidupnya. Karena anak yang shalih pasti memahami bahwa sesungguhnya ridha Allah Ta’ala terletak pada keridhaan kedua orangtuanya.

Beruntunglah bagi seorang anak yang bisa membahagiakan kedua orangtuanya sebagai upaya berbakti kepada keduanya.

Namun, bagaimana jika kedua orangtua telah meninggal? Bagaimana cara seorang anak berbakti kepada keduanya?

Ibnu Dinar rahimahullah meriwayatkan kisah Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu. Ia berkisah, suatu ketika Ibnu Umar ra berada di atas kendaraan dan tiba-tiba melihat orang Baduwi berjalan.

Ibnu Umar ra segera turun dan menyapa Baduwi itu. Ia memberikan kendaraannya dan sorbannya.

Perilaku Ibnu Umar ra itu pun ditanggapi heran para sahabatnya, kenapa ia berbuat begitu padahal orang Baduwi tersebut tampaknya tidak butuh pemberian bernilai seperti itu.

Ibnu Umar ra pun menjawab dengan mengutip sabda Rasulullah ﷺ:

إنَّ مِنْ أبَرِّ البِرِّ أنْ يَصِلَ الرَّجُلُ أهْلَ وُدِّ أبيهِ بَعْدَ أنْ يُولِّيَ

“Di antara perbuatan yang lebih baik dari berbakti pada orang tua adalah seseorang bersilaturrahmi dengan keluarga dari orang-orang yang dicintai oleh orang tuanya, setelah orang tuanya wafat”.

Ibnu Umar menjelaskan bahwa bapak orang Baduwi itu merupakan sahabat ayahnya, yakni Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu.

Dari kisah tersebut, Imam An-Nawawi rahimahullah menerangkan bahwa perbuatan Ibnu Umar itu sebagai perbuatan yang lebih dari sekadar berbakti pada almarhum Umar bin Khattab.

Bahkan Imam Nawawi menganggap yang dilakukan Ibnu Umar itu sama dengan mulianya sunnah Rasulullah ﷺ, yaitu saat beliau membagi-bagikan dan mengirim daging kurban kepada sahabat-sahabat almarhumah Khadijah sang istri tercinta.

Perbuatan tersebut tidak lain adalah wujud balasan Rasulullah ﷺ pada kebaikan orang-orang yang berjasa dan telah wafat.

Wallahu a’lam bish shawab.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here