10 Tempat Incaran Jin di Tubuhmu

234
Ilustrasi Iblis/Setan.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Ada 10 di bagian dari tubuh manusia yang menjadi incaran favorit Jin. Jika Jin sudah merasa tidak diusik, maka yang datang adalah Iblis. Jika Iblis merasa dibiarkan, akan meningkat yang datang adalah Syaiton yang biasa kita sebut Setan.

Maka lindungi diri dari gangguan Iblis dan Setan, agar tidak bersarang di tubuh kita.  Bagaimana cara menjaga diri atau membersihkan diri Iblis dan Setan?

TRUE STORIES:

Caranya, antara lain:

1- Dengan selalu dalam keadaan BERWUDHU. Setiap wudhu batal, segera ambil wudhu lagi meski bukan waktu shalat. Rasulullah ﷺ bersabda:

قال النبي صلي الله عليه وسلم : من توضأ وأحسن الوضوء خرجت خطاياه من جسده حتي تخرج من تحت أظفاره. (رواه مسلم)

”Siapa yang berwudhu dengan menyempurnakan wudhu nya, maka keluarlah dosa-dosa dari badannya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Jatuh Tempo

Rasulullah ﷺ juga bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلي الله عليه وسلم: “اذا توضأ العبد المسلم أو المؤمن فغسل وجهه خرج من وجهه كل خطيئة نظر اليه بعينه مع الماء أو مع أخر قطر الماء.فإذا غسل يديه خرج من يديه كل خطيئة كان بطشتها يداه مع الماء أو مع أخر قطر الماء. فإذا غسل رجليه خرجت كل خطيئة مشتها رجلاه مع الماء أو مع أخر قطر الماء حتي يخرج نقيا من الذنوب”. (رواه مسلم)

“Apabila orang Muslim atau Mukmin berwudhu lalu membasuh mukanya,maka keluarlah (diampunilah) dosa-dosa wajahnya yang telah melihat maksiat dengan matanya bersama air atau akhir dari percikan air, ketika membasuh kedua tangannya, maka diampunilah dosa-dosa tangannya bersama air atau bersama percikan akhir yang terakhir, ketika ia membasuh kedua kakinya,maka diampunilah dosa-dosa kakinya bersama air atau bersama percikan air yang terakhir hingga ia benar-benar bersih dari segala dosa,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

2- Berdasarkan Hadits Rasulullah ﷺ, ada 10 tempat di setiap tubuh manusia yang sangat diintai oleh Iblis atau Setan, yaitu:

a) Di Kedua Mata

Perintah Allah SWT menjaga mata agar tidak terjerumus pada godaan Setan:

 قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

“Katakanlah kepada orang-orang yang beriman: “Hendaklah mereka menjaga dan menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat,” (QS. An-Nuur 24, ayat 30, halaman 353 ).

BACA JUGA: Sungguh Penyesalan Luar Biasa

b) Di Kepala

Rasulullah ﷺ bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه مرفوعاً: «يَعْقِدُ الشيطان على قَافِيَةِ رأسِ أحدِكم، إذا هو نام، ثلاث عُقَدٍ، يَضْرِب على كل عُقْدَةٍ: عليك لَيلٌ طويل فَارْقُدْ، فإن استيقظ، فذكر الله تعالى انحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فإن تَوضِّأ، انْحَلّتْ عُقدَةٌ، فإن صلى، انْحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّها، فأصبح نشيطا طَيِّبَ النفس، وإلا أصبح خَبِيثَ النَّفْس كَسْلَان».  [صحيح] – (متفق عليه)

“Setan membuat ikatan pada kepala setiap orang ketika tidur sebanyak tiga ikatan. Setiap ikatan ia menepuk nepuk dengan mengatakan: “Bagimu malam yang panjang, maka tidurlah!” Jika orang tersebut bangun, lalu berddzikir kepada Allah SWT, terlepaslah satu ikatan.

Jika ia berwudhu, terlepaslah satu ikatan. Jika ia shalat, terlepaslah seluruh ikatan. Maka orang tersebut, akan memasuki waktu pagi dengan semangat dan jiwa yang baik lagi tenteram.

Jika bangunnya tidak berdzikir, tidak berwudhu dan tidak juga shalat, pasti ia memasuki waktu pagi dengan jiwa yang gelisah dan malas,” (Hadits Sahih, Muttafaq ‘Alaih Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Dulu Mulus, Kini Keriput Kurus

c) Mulut

Iblis atau Setan akan berusaha masuk ke lubang mulut saat sedang menguap. Maka, saat menguap, dianjurkan menutup mulut dengan telapak tangan.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila ada orang yang menguap, maka tutuplah mulut nya dengan tangannya karena Setan akan masuk ke orang orang yang menguap,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim)

d) Di Bawah Kuku

Maka, dianjurkan rutin memotong kuku setiap hari Jum’at. Karena Iblis atau Setan mengikat manusia melalui kuku-kukunya yang panjang.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Potonglah kuku-kukumu. Sungguh, Setan mengikat melalui kuku-kuku yang Panjang,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ahmad).

BACA JUGA: Ada Apa di Balik 3 Wasiat Penting Nabi ﷺ?

e) Lubang Hidung

Saat tidur, Iblis atau Setan ikut menginap di batang hidung manusia. Maka, saat bangun tidur, dianjurkan “beristinsyaaq” 3 kali, yaitu membasuh lubang hidung sebanyak 3 kali.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Jika salah seorang di antara kamu bangun tidur, hendaklah “istinsyaaq”, memasukan dan mengeluarkan air ke lubang hidung tiga kali, karena Setan menginap di batang hidung,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

f) Lubang Telinga

Lubang telinga juga adalah tempat favorit Jin bersembunyi. Apalagi jika tertidur hingga pagi tanpa mengerjakan shalat malam, maka telinganya telah dikencingi oleh Jin.

Sebagaimana dikisahkan oleh Abdullah RA bahwa, di sisi Rasulullah ﷺ ada laki-laki yang selalu tidur sampai pagi tanpa mengerjakan shalat malam. Lalu Rasulullah ﷺ bersabda:  “Setan telah kencing di telinganya”,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Tips Agar Dijauhkan dari Kecelakaan dan Kesulitan Hidup

g) Urat Nadi

Jin atau Iblis atau Setan menyusup ke dalam tubuh manusia melalui aliran darahnya. Kemudian dari aliran darah itulah Jin berusaha memperdayai manusia. Hal ini dijelaskan oleh Shafiyyah Binti Huyay bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sungguh, Setan itu masuk ke dalam tubuh manusia melalui peredaran darah dalam tubuhnya,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

h) Lubang Pusar

Lubang pusar merupakan tempat yang disukai Jin untuk bersembunyi dan tinggal.

i). Lubang Kemaluan

Iblis atau Setan, akan menambah rasa nikmat saat seseorang sedang berzina dengan cara menstimulir syaraf kemaluan. Oleh sebab itulah dianjurkan untuk menjaga kebersihan organ intim pria dan wanita. Dan setiap akan berhubungan intim suami isteri, dianjurkan berdoa terlebih dahulu:

BACA JUGA: Doa Saat Terancam dan Kekurangan

– Doa sebelum berhubungan intim suami-istri:

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillaah, Allaahumma jannibnaas Syyaithaana, wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa.

“Dengan menyebut nama Allah, yaa Allaah, jauhkanlah kami dari gangguan Setan dan jauhkanlah Setan dari rezeki anak yang akan Engkau anugerahkan kepada kami”.

– Doa ketika mengeluarkan air mani, agar menjadi benih anak-anak yang baik dan membanggakan:

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ يَّةً طَيِّــبَةً

Allaahummaj’al nuthfatanaa dzurriyyatan thayyibatan.

“Yaa Allah, jadikanlah tetesan Nuthfah kami ini menjadi keturunan yang baik baik, saleh”.

– Doa selesai berhubungan intim, agar selalu bahagia dan harmoni:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Alhamdulillaahil ladzii khalaqa minal maa i basyaran.

“Segala puji dan puja hanya kepada Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)”.

BACA JUGA: Shalat Berjamaah “Sekeluarga” Kunci Kebahagiaan

j) Ruas Jari-Jari

Rasulullah ﷺ memerintahkan agar rutin membersihkan ruas jari-jari, karena di situlah menumpuk kotoran yang diincar Setan. Rasulullah bersabda:

عَشْرٌ مِنَ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ

“Sepuluh hal yang termasuk kebersihan atau fitrah, adalah: mencukur kumis, membiarkan jenggot tumbuh, bersiwak, menyedot air ke hidung, memotong kuku, membasuh RUAS RUAS JARI, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan dan bercebok,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi dan selainnya).

Rasulullah ﷺ juga berdabda:

قصوا أظافيركم وادفنوا قلاماتكم ونقوا براجمكم. (رواه الترمذى)

“Potonglah kuku-kuku kalian, kubur sisa potongannya dan bersihkan RUAS RUAS jari kalian,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam At-Tirmidzi).

Al-Imam At-Tirmidzi kemudian mendefinisikan “Baraajim” atau “Ruas Ruas Jari” sebagai kerutan-kerutan yang ada di tempat bertemunya sendi jari. Dimana kerutan tersebut adalah tempat berkumpulnya kotoran.

Kotoran adalah kesukaan Setan berkumpul. Tempat tersebut diperintahkan untuk dibersihkan agar kotoran yang ada tidak menghalangi sampainya air ke kulit sehingga membuat hadas besar tidak hilang tatkala mandi. (Al-Jami’ Li Ahkamil Qur’an/2/102)

BACA JUGA: Kenapa di Tengah Malam?

POINTERS:

1- Selalu dalam keadaan berwudhu, meskipun bukan waktu shalat.

2- Rutin mencukur rambut kemaluan, memendekkan kumis, memotong kuku dan mencabut bulu ketiak, disunnahkan setiap pagi hari Jumat.

3- Selain menjadikan tubuh lebih bersih dan sehat, kita juga dapat menghalangi Jin untuk bersembunyi pada 10 bagian tubuh kita.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan menjauhkan diri dari gangguan Jin, Iblis atau Setan.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here