Tips Agar Dijauhkan dari Kecelakaan dan Kesulitan Hidup

535
Ilustrasi: Berdoa.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Musibah selalu menigintai. Rasa takut, tak menentu, pelit, pikun, musibah dan siksa kubur adalah hal-hal yang sangat amat mengerikan dan menyikasa.

TRUE STORY:

Agar tidak tersiksa di dunia dan disiksa di kubur, dan agar dijauhkan dari hal-hal yang menyulitkan, menyiksa, maka marilah kita amalkan sunnah Rasulullah ﷺ di bawah ini yang mengajarkan agar setiap selesai shalat bacalah DOA PERLINDUNGAN seperti yang Rasulullah ﷺ contohkan sendiri:

BACA JUGA: Doa Saat Terancam dan Kekurangan

وَعَنْ سَعْدٍ بْنِ أَبي وَقَّاصٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ دُبُرَ الصَّلَواتِ بِهؤُلاءِ الكَلِمَاتِ: اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ وَالبُخْلِ، وَأعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ القَبْرِ. (رواه البخاري)

“Sahabat dekat Rasul ﷺ bernama Sa’ad Bin Abi Waqqaas RA menjelaskan bahwa Rasulullah ﷺ senantiasa memohon perlindungan di setiap usai shalat dengan doa ini:

اللهم انى اعوذ بك من الجبن والبخل و اعوذ بك من ان ارد الى ارذل العمر واعوذ بك من فتنة الدنيا واعوذ بك من فتنة القبر

Allahumma inni a’uudzubika minal jubuni wal bukhli, wa a’uudzubika min an aradda ilaa ardzalil ‘umri, wa a’uudzubika min finatid dun yaa, wa a’uudzubika min fitnatil qabri.

“Yaa Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa ketakutan dan kikir, dan aku berlindung pada-Mu dari usia yang hina yaitu kepikunan, aku berlindung pada-Mu dari segala musibah di dunia, dan aku berlindung juga pada-Mu dari siksa Kubur,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari).

BACA JUGA: Shalat Berjamaah “Sekeluarga” Kunci Kebahagiaan

POINTERS:

1- Allah SWT sangat menyayangi orang yang rajin berdoa, dan Allah murka pada orang yang malas berdoa. Rajin berdoa pada Allah SWT, berarti ia beriman dan mempercayakan nasibnya pada Allah.

Sedangkan orang yang malas berdoa, seoalah ia tidak yakin pada Allah, dan tidak terlalu mengharap pada Allah SWT.

2- Mulai sekarang, hafalkan doa ini dan bacalah di setiap ada kesempatan, terutama setelah shalat.

BACA JUGA: Shalat Menjauhkan Kesulitan Hidup dan Siksa Kubur

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan untuk rajin membaca Al-Quran dan rajin berdoa.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here