Sungguh Penyesalan Luar Biasa

512
Ilustrasi: Sedekah.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Terkadang, saat ingin bersedekah, datanglah rayuan Iblis agar menyayangi uang, sayangi barang, agar tidak usah bersedekah, tidak usah berinfak.

Kenapa Iblis getol sekali mencegah bersedekah? Karena Iblis ingin punya banyak pengikut yang menemaninya di Neraka.

Iblis tahu betul, bahwa bersedekah, berinfak itu adalah “pelindung dan benteng kokoh” dari siksa kubur dan dari Neraka Jahannam.

TRUE STORIES:

1- Rasulullah ﷺ bersabda:

إن صدقة السر تطفئ غضب الرب تبارك وتعالى

“Sedekah yang bukan karena pamer pamer atau secara sembunyi-sembunyi itu meredam murka Tuhan.”

BACA JUGA: Dulu Mulus, Kini Keriput Kurus

2- Allah SWT berfirman:

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami anugerahkan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu baru berkata penuh penyesalan: “Yaa Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda kematian ku sedikit waktu lagi, maka aku akan BERSEDEKAH dan aku akan termasuklah orang-orang yang saleh,” (QS. Al-Munaafiquun: 10).

3- Rasulullah ﷺ telah menegaskan tentang hebatnya sedekah, yang di antaranya dapat menolak bencana, memadamkan murka Allah, dan mencegah dari kematian yang buruk. Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ. (رواه الترمذى )

 “Sungguh, sedekah itu meredam murka Allah dan mencegah dari cara mati yang buruk,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam At Tirmidzi).

BACA JUGA: Ada Apa di Balik 3 Wasiat Penting Nabi ﷺ?

4- Imam Al-Baihaqi dari riwayat Ali Bin Abi Thalib RA, menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

باكروا بالصدقة فإن البلاء لا يتخطّاها. (رواه البيهقى )

“Segeralah bersedekah, Sungguh, musibah tidak dapat melangkahinya.”

Karena, sedekah itu merupakan bendungan, tanggul atau benteng kokoh yang kuat menghalangi musibah, bala atau bencana.

5- Rasulullah ﷺ bersabda:

 أَحَبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ تُدخِلُه على مسلمٍ، تَكشِفُ عنه كُربةً، أو تقضِي عنه دَيْنًا، أو تَطرُدُ عنه جوعًا، ولأَنْ أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ؛ أَحَبُّ إليَّ من أن اعتكِفَ في هذا المسجدِ يعني مسجدَ المدينةِ شهرًا. (رواه الطبرانى )

“Amal perbuatan yang paling disukai Allah adalah memberi kebahagiaan kepada sesama Muslim, dan menghiburnya saat dia dilanda kesusahan, atau meringankannya saat dia dililit utang, atau memberinya makanan saat dia merasa lapar. Karena, aku lebih menyukai bersama orang Muslim yang berbagi dengan orang yang sedang membutuhkan, daripada orang yang melakukan I’ktikaf di Masjid selama satu bulan penuh,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam At-Thabraani).

BACA JUGA: Tips Agar Dijauhkan dari Kecelakaan dan Kesulitan Hidup

POINTERS:

Selagi ada waktu, selagi ada kesempatan, jangan sampai menyesal, maka berbuatlah kebaikan, perbanyak sedekah dan rajin membantu.

1- Allah SWT berfirman:

حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءَ أَحَدَهُمُ ٱلۡمَوۡتُ قَالَ رَبِّ ٱرۡجِعُونِ

“Demikianlah keadaan orang-orang yang Kufur itu, hingga apabila datang kematiannya, mereka, berkata: “Yaa Tuhanku, kembalikanlah aku ke Dunia..,”

لَعَلِّيٓ أَعۡمَلُ صَٰلِحًا فِيمَا تَرَكۡتُ ۚ كَـلَّآ ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآئِلُهَا ۖ وَمِن وَرَآئِهِم بَرۡزَخٌ إِلَىٰ يَوۡمِ يُبۡعَثُونَ

“Agar aku dapat berbuat kebaikan yang telah aku tinggalkan.” Sekali-kali tidak! Sungguh itu adalah alasan dal berdalih sekedar ucap saja. Dan di hadapan mereka ada barzakh-barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mu’minuun 23, Ayat 99-100, halaman 349).

BACA JUGA: Doa Saat Terancam dan Kekurangan

2- Allah SWT berfirman:

وَهُمۡ يَصۡطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَآ أَخۡرِجۡنَا نَعۡمَلۡ صَٰلِحًا غَيۡرَ ٱلَّذِي كُنَّا نَعۡمَلُ ۚ أَوَلَمۡ نُعَمِّرۡكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ وَجَآءَكُمُ ٱلنَّذِيرُ ۖ فَذُوقُواْ فَمَا لِلظَّٰلِمِينَ مِن نَّصِيرٍ. (فاطر ٣٧)

“Dan mereka tersiksa berteriak di dalam Neraka itu: “Yaa Tuhan kami, keluarkanlah kami dari Neraka ini, niscaya kami akan mengerjakan kebajikan dan ketaatan yang berbeda dengan yang telah kami kerjakan dahulu.”

Dikatakan kepada mereka: “Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu agar dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu Rasul Pemberi peringatan. Maka rasakanlah azab Kami, dan bagi orang-orang zalim tidak ada seorang penolong pun”,” (QS. Faatir 35, Ayat 37, halaman 439)

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin bersedekah, berinfak, ringan tangan peduli dan menolong.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here