Kenapa di Tengah Malam?

91
Ilustrasi: Shalat malam.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Bangunlah di tengah malam, Allah SWT menunggu doa dan curhatmu, apa lagi dalam suasana yang mencemaskan, merebaknya banyak penyakit, seringnya terjadi musibah, kecelakaan, kemungkaran dan ketidak adilan.

TRUE STORIES:

1- Rasulullah ﷺ bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Allah Tabaraka Wa Ta’ala turun ke Langit Dunia pada setiap malam di bagian akhir sepertiga malam, dan Allah berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku penuhi. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, akan Aku ampuni,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari No. 1145 dan Al-Imam Muslim No. 758).

BACA JUGA: Penyembuh Terampuh

2- Allah SWT berfirman:

ومن اليل فتهجد به نافلة لك، عسى ان يبعثك ربك مقاما محمودا. (الاسراء ١٧ الاية ٧٩)

“Dan di sebagian malam, lakukanlah Shalat Tahajjud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu di tempat yang terhormat,” (QS. Al-Israa’ [17] Ayat 79, halaman 290).

POINTERS:

Waktu terbaik untuk Shalat Tahajjud adalah:

فى جوف الليل

” Fii Jaufil Laili “.

(Di tengah Malam).

Sahabat ‘Amr Bin ‘Abasah As-Sulami, bertanya: “Yaa Rasulallah, di bahagian waktu malam yang mana yang TERBAIK?” Nabi ﷺ menjawab: “Di bagian akhir pertengahan malam, maka shalatlah semampumu,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Abu Daud no. 1277 dan Al-Imam At-Tirmidzi no. 3579).

BACA JUGA: Cari Teman Ayah dan Ibu

Waktu waktu shalat Tahajjud:

1- SUDAH BOLEH. Sepertiga malam bagian awal sudah boleh Tahajjud, yaitu setelah shalat Isya’ hingga pukul 22.00.

2- WAKTU YANG BAIK. Sepertiga malam di bagian kedua ini adalah waktu baik untuk Tahajjud, yaitu mulai jam 22.00 hingga sekitar jam 01.00 tengah malam.

3- WAKTU YANG TERBAIK. Sepertiga malam bagian awal, yaitu setelah jam 12 tengah malam, inilah waktu yang UTAMA untuk Tahajjud, Istighfar, Munajaat, Dzikir, Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil, yaitu antara jam 01.00 atau jam 02.00.

4- WAKTU YANG PALING TERBAIK & ISTIMEWA. Sepertiga malam akhir, yaitu setelah jam 02.00 hingga kira kira 20 menit sebelum Adzan Subuh. Inilah waktu yang paling afdhal, punya keistimewaan tersendiri.

BACA JUGA: Pilih Waktu Sedekah yang Tepat Agar Bernilai Lebih

5- Shalat Tahajjud, afdhal-nya dilakukan SETELAH TIDUR, namun tanpa tidur dahulu juga boleh dan SAH meskipun tidurnya hanya sebentar saja. Jika tidur dahulu, ada nilai tambahnya, karena sengaja bangun meninggalkan empuknya kasur demi shalat Tahajjud.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin bangun tengah malam untuk bersujud pada Allah SWT.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here