Yuk, Kita Berusaha Terus Kurangi Dosa

247

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Tidak ada manusia yang sempurna. Semua kita banyak khilaf dan dosa. Hamba yang terbaik adalah, yang terus berusaha berbuat lebih baik dari hari hari yang lalu. Terus berusaha mengurangi perbuatan dosa.

TRUE STORIES:

Sahabat dekat Rasulullah bernama Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash RA menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَسْتَخْلِصُ رَجُلًا مِنْ أُمَّتِي عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَيَنْشُرُ عَلَيْهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ سِجِلًّا، كُلُّ سِجِلٍّ مَدَّ الْبَصَرِ، ثُمَّ يَقُولُ لَهُ أَتُنْكِرُ مِنْ هَذَا شَيْئًا؟ أَظَلَمَتْكَ كَتَبَتِي الْحَافِظُونَ؟ قَالَ لَا، يَا رَبِّ، فَيَقُولُ أَلَكَ عُذْرٌ، أَوْ حَسَنَةٌ؟ ، فَيُبْهَتُ الرَّجُلُ، فَيَقُولُ لَا، يَا رَبِّ، فَيَقُولُ بَلَى، إِنَّ لَكَ عِنْدَنَا حَسَنَةً وَاحِدَةً، لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ، فَتُخْرَجُ لَهُ بِطَاقَةٌ، فِيهَا ‘أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ’، فَيَقُولُ أَحْضِرُوهُ، فَيَقُولُ يَا رَبِّ، مَا هَذِهِ الْبِطَاقَةُ مَعَ هَذِهِ السِّجِلَّاتِ؟ فَيُقَالُ إِنَّكَ لَا تُظْلَمُ، قَالَ فَتُوضَعُ السِّجِلَّاتُ فِي كَفَّةٍ، قَالَ فَطَاشَتْ السِّجِلَّاتُ، وَثَقُلَتْ الْبِطَاقَةُ، وَلَا يَثْقُلُ شَيْءٌ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ.  (رواه احمد والترمذى)

“Sungguh, Allah SWT akan membeberkan rahasia orang-orang dari umatku di hadapan seluruh makhluk pada hari Kiamat. Lalu dibukakanlah sembilan puluh sembilan catatan amal. Setiap catatan amal itu panjang nya sejauh mata memandang.

BACA JUGA: Dengarkan, Jika Ingin Didengar

Allah Berfirman: “Apakah ada yang engkau ingkari dari semua ini? Apakah Pencatat-Ku yaitu Malaikat itu telah menzhalimimu?” Mereka berkata; “Tidak, wahai Tuhanku”.

Allah berfirman: “Apakah engkau ada alasan atau udzur untuk tidak berbuat kebaikan?” Orang itu pun kaget dan berkata: “Tidak wahai Tuhanku”.

Allah berfirman: “Bahkan engkau di sisi kami masih mempunyai satu kebaikan”. Tidak ada kezhaliman yang akan diberikan kepadamu pada hari ini dari amal amalmu”.

Lalu dikeluarkanlah sebuah “Bitaqah” (kartu catatan) tertulis: ‘Asyhadu an Laa ilaaha illallaah wa anna Muhammadan abduhuu wa Rasuuluh” (aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Hamba-Nya dan utusan-Nya)’.

BACA JUGA: Doa Orang Tua untuk Jodoh, Kebahagiaan Anak dan Keluarga

Allah berfirman: “Perlihatkan kepadanya”. Orang itu berkata: “Wahai Tuhanku, apa arti kartu ini dengan seluruh catatan amal keburukan ku ini?”. Dikatakan padanya: “Sungguh, engkau tidak akan dizhalimi”.

Lalu Rasulullah ﷺ bersabda: “Kemudian di letakkanlah catatan catatan amal kejelekan itu di atas timbangan. Ternyata catatan catatan itu ringan, dan kartu itulah yang lebih berat.  Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat daripada nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,” (Hadits Sahih oleh Al-Imam Ahmad 6994. Al-Imam At-Tirmidzi 2850).

POINTERS:

1- Hadits ini, mengingatkan kita hal yang besar, menggugah kembali agar jiwa jiwa yang sering lalai dan sering tenggelam dalam dosa dan hanyut ke dalam kesalahan, agar sadar bahwa ada Malaikat yang selalu mengikuti kita, mengawasi, mencatat dan merekam emua apa yang kita lakukan.

2- Setiap Muslim mengimani, bahwa azab Allah sangatlah pedih bagi para pendosa:

و الله شديد العقاب

“Dan Allah hukuman-Nya sangatlah dahsyat,” (QS Ali Imran: 11, Al-Anfal: 48, Al-Baqarah: 196, Al-Baqarah: 211).

BACA JUGA: Ucapkan Salam Saat Masuk ke Rumah, Ada Orang Maupun Tidak Ada Orang

3- Perbuatan baik bisa dilakukan oleh semua orang, orang baik maupun orang buruk. Sedangkan kemaksiatan, hanya akan dijauhi oleh orang-orang baik dan jujur.

  1. Rasulullah ﷺ bersabda:

عن ابى هريرة رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :إتق المحارم، تكن اعبد الناس

“Takutlah engkau pada hal hal yang di haramkan Allah, maka engkau akan menjadi Hamba Allah yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah di antara manusia,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Ahmad 2/310 & Al-Imam At-Tirmidzi 2305).

Semoga Allah SWT mengampuni dan menutupi aib-aib kita, dan memberikan kesempatan kita bertaubat sebelum ajal menjemput.

5- Hafalkan dan seringlah baca doa ini:

اللهم استر عورتي و آمن روعاتي

Allaahumma ustur ‘aurati wa aamin rau’aatii.

“Yaa Allah tutupilah aib-aibku, dan anugerahilah aku rasa aman dari semua rasa ketakutanku”.

BACA JUGA: Diselamatkan oleh Hal-Hal yang Sunnah

6- Hafal dan seringlah mengucapkan kalimat suci ini:

اشهد أن لا اله الا الله وأن محمدا عبده ورسوله

Asyhadu An laa ilaaha illallaah wa anna Muhammadan ‘Abduhuu wa Rasuuluh.

“Aku bersaksi dan meyakini, bahwa tidak asa Tuhan selain Allah, dan Sungguh Muhammad itu, adalah Hambah dan utusan Allah”.

Kalimat inilah yang terberat bobot timbangannya dan kalimat inilah yang akan MENYELAMATKAN kita kelak.

7- Bacalah BASMALAH (Bismillaahir Rahmaanir Rahiim) setiap memulai sesuatu. Kalimat suci inilah yang terberat bobot timbangannya dan kalimat ini pulalah yang akan menyelamatkan kita.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin membaca Al-Quran dan rajin berdoa.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here