Makan Saja Dulu

82

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Baru dinilai shalat, jika shalatnya dilaksanakan dengan betul, khusyuk dan tidak tergesa-gesa. Agar shalat bisa khusyuk, maka hilangkanlah semua hal yang bisa mengganggu pikiran dan perasaan.

Apabila waktu shalat tiba, adzan atau iqamah dikumandangkan tapi Anda sedang ingin buang angin, buang air kecil dan buang air besar, maka segeralah ke WC dengan tenang.

Atau saat itu makanan sudah dihidangkan sedang perut keroncongan, maka jangan ditunda-tunda. Makanlah dahulu, jangan menahan perut keroncongan.

Hal ini, agar kualitas shalat lebih sempurna, karena tidak ada yang mengganggu lagi. Selain itu agar fokus dan khusyuk, agar tidak merusak kesehatan, dan agar tidak tergesa-gesa melakukan shalat.

BACA JUGA: Jangan Nyalip Imam Saat Shalat

TRUE STORY:

1- Makanlah dahulu, baru kemudian shalat.

Rasulullah ﷺ bersabda:

اذا اقيمة الصلاة و حضر العشاء فابدءوا بالعشاء (رواه الشيخان)

“Jika Iqamah panggilan shalat telah dikumandangkan, dan makan malam telah tersedia digelar, maka makanlah dahulu, baru shalat,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim).

Hadits ini menegaskan, bahwa jika perut terasa lapar, sementara waktu shalat telah tiba, maka dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Karena rasa lapar dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi atau kekhusukan shalat.

Namun ini tidak boleh dijadikan alasan mengulur-ulur shalat.

BACA JUGA: Di Akhirat Kelak, Ada 3 Kelompok Orang yang Disiksa Habis-Habisan

2- Pipis saja dahulu.

Demikian ditegaskan di dalam kitab Fathul Mu’iin:

وَكُرِهَ صَلُاةٌ بِمُدَافَعَةِ حَدَثٍ كَبَوْلٍ وَغَائِطٍ وَرِيْحٍ

“Makruh, tidak disukai, shalat sambil menahan nahan hadas seperti buang air kecil, buang air besar dan buang angin,” (Kitab Fathul Mu’iin halaman 25).

POINTERS:

1- Taatlah melaksanakan semua ketentuan syariah, karena syariah itu diturunkan demi untuk kemaslahatan dan keselamatan umat manusia.

2- Laksanakan shalat dengan sekhusyuk mungkin. Tenangkan pikiran, gerakan, posisi dan bersihkan tempat.

3- Sungguh, celaka, ada orang yang sudah shalat 60 tahun, namun dianggap tidak pernah shalat, karena shalatnya tidak sempurna, tidak khusyuk, shalatnya tergesa-gesa.

BACA JUGA: Hal Kecil Tapi Penting

Rasulullah ﷺ bersabda:

 ان الرجل ليصلى ستين سنة ما تقبل له صلاة ، لعله يتم الركوع ولا يتم السحود. ويتم السجود ولا يتم الركوع.  (رواه ابن ابى شيبة عن ابى هريرة رضى الله عنهم)

“Sungguh, ada orang yang sudah Shalat selama 60 tahun, namun Shalatnya tidak diterima.  Dia telah sempurnakan rukuknya tetapi tidak menyempurnakan sujudnya. Atau bisa jadi dia menyempurnakan sujudnya, tetapi tidak menyempurnakan rukuknya,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Ibn Abi Syaibah dari Abu Hurairah RA No. 596).

4- Seperti pencuri yang bodoh.

Rasulullah ﷺ bersabda:

أسوأ الناس سرقة الذى يسرق من صلاته. قالوا يا رسول الله وكيف يسرق من صلاته ؟ قال: لا يتم ركوعها ولا سجودها. او قال: لا يقيم صلبة فى الركوع والسجود. (رواه احمد )

“Seburuk buruk pencuri adalah orang yang mencuri bagian dari shalatnya. Para Sahabat bertanya: “Bagaimana mereka mencuri shalatnya? Rasulullah ﷺ menjelaskan: “Mereka tidak menyempurnakan rukuk dan sujudnya. Rasulullah ﷺ menambahkan: “Mereka tidak meluruskan dan tidak meratakan punggungnya ketika rukuk dan sujud,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ahmad no. 5/310).

BACA JUGA: Jika Hati Mulai Merasa Malas, Lakukan Hal Ini..

5- Mulai sekarang, jadikanlah shalat sebagai gerakan yang membuat badan dan pikiran sehat, sekaligus Ibadah yang sempurna, yaitu dengan tidak tergesa-gesa. Karena tergesa-gesa adalah sifatnya setan.

6- Berlama-lamalah saat rukuk dan sujud, karena saat rukuk dan sujud inilah dosa-dosa berjatuhan.

Yaa Allah, anugerahilah kami kemampuan dan kemudahan melaksanakan apa-apa yang Engkau perintahkan dan menjauhi semua yang Engkau haramkan. Ampuni dosa-dosa kami, rahmati dan berkati hidup dan mati kami.

Yaa Allah, bimbing kami untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here