Hal Kecil Tapi Penting

147

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Ringan, enteng, remeh, tapi inilah yang MENGUNDANG kemudahan dan pertolongan Allah SWT.

Maka, jangan perah melewatkan satu haripun tanpa membantu orang. Karena dengan membatu orang, Allah SWT segera turun tangan Menolong.

Menolong, tidak selalu berupa uang, pemberian barang atau sumbangan. Bantuan, bisa berupa perhatian, tenaga, saran dan DOA.

BACA JUGA: Ada Gilirannya, Ada Waktunya

TRUE STORIES:

1- Bantuan tidak selalu berupa benda:

لا نَعلَمُ بعدَ رحمةِ اللّٰهِ مَا الذي سيُدْخِلُنا الجنةَ ؟؟ أَهِيَ ركعةٌ، أو صدقةٌ، أو سُقْيَا ماءٍ، أو حاجةُ مؤمنٍ قَضَيْنَاها، أو دعوةٌ، أو ذكرٌ . *فاعْمَلْ ولاَ تَسْتَصْغِرْ .

“Sungguh, kita tidak pernah tahu, dengan Rahmat Allah yang mana akan memasukkan kita ke Surga? Apakah itu sujud rukuk kita, atau sedekah kita, atau pemberian minum kita kepada sesama, atau menolong kebutuhan orang mukmin yang kita wujudkan, atau doa, atau dzikir kita? Maka berbuatlah, beramallah, dan jangan pernah memandang remeh kebaikan sekecil apapun”.

BACA JUGA: Doa Setelah Berwudhu, Pembuka 8 Pintu Surga

2- Biasakan dari sekarang:

اذا لم تستطع اسعاد شخص تحبه فادع الله له ان يسعده فهو اعلم بمواطن اسعاده منك. اللهم اسعدنا و من نحب سعادة ابدية. (من كلمات الامام الجليل الشيخ الشعراوى)

“Jika engkau belum mampu membahagiakan orang yang engkau sayangi, maka bantulah mereka dengan DOA mu sesering mungkin, semoga Allah SWT Turun Tangan membahagikan dia dan membahagiakanmu. Sungguh, Allah SWT lebih Mengetahui dari engkau bagaimana cara membahagiakan dia. Yaa Allah, anugerahilah kami dan orang orang yang kami sayangi kebahagiaan yang abadi di Dunia dan di Akhirat”.

Aamiin. (Terjemahan dari Fatwa Al-Imam Mutawalli As-Asya’raawi ).

BACA JUGA: Jangan Makan Bersama Setan

POINTERS:

1- Mulai hari ini, tidak ada lagi hari yang terlewatkan tanpa besedekah, berupa uang meskipun hanya 5 atau 10 ribu kepada pemulung, tukang sampah, kebersihan.

2- Memberi air munum, minimal 1 atau 2 botol atau 1 bungkus nasi.

3- Bersihkan lemari dari pakaian-pakaian bekas layak pakai, sedekahkan.

4- Kalau tidak mampu itu semua, bantulah, bersedekahlah dengan DOA, senyuman dan tenaga, perlancar urusan orang.

5- Allah SWT, Mencintai ibadah yang rutin, istiqomah, dan ketekunan kita, walau sedikit.

BACA JUGA: Jangan Ibadah Seperti Cacing Kepanasan

Rasulullah ﷺ bersabda:

عن امنا عائشة رضى الله عنها قالت، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

“Amalan yang paling dicintai Allah Ta’alaa, adalah amalan yang rutin, berkelanjutan, terus menerus walaupun itu sedikit.”.

’Aisyah RA beliau mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ saat ditanya mengenai amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah, Rasulullah ﷺ menjawab;

أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang rutin, walaupun sedikit”.

BACA JUGA: Setelah Kumpul-Kumpul, Jangan Lupakan Hal Ini

6- Biasakan hal hal ini, dan perhatikan bantuan Allah SWT kepadamu. In Syaa Allah.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin bersedekah, peduli dan ikhlas menolong.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here