Lebih 30 ribu Siswa Daftar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Unggulan

420
M. Sidik Sisdiyanto. (Foto: kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024 untuk madrasah unggulan membludak. Dibuka sejak 8 Januari dan ditutup pada 17 Februari 2024, pendaftar SNPDB tahun ini melebihi target 30 ribu siswa.

Pendaftar SNPDB 2024 ini tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Lima provinsi dengan jumlah pendaftar terbanyak berasal dari Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

Para pendaftar memilih tiga model madrasah unggulan, yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

“Terhitung pada 18 Februari 2024 pukul 00:00, pendaftar SNPDB 2024 mencapai 31.990,” Ujar Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto, Senin (19/2/2024).

Ia menjelaskan, sebanyak 26.333 siswa mengambil pilihan MAN Insan Cendekia. Ada 4.319 siswa yang mendaftar di MAN Program Keagamaan. Sementara pendaftar MA Kejuruan Negeri, berjumlah 1.338 pendaftar.

“Saya sangat bersyukur, akhirnya target yang kita tetapkan telah tercapai dan bahkan melampaui. Tahun 2023 lalu, pendaftar SNPDB ini mencapai 29.237. Ini artinya secara kuantitatif tren pendaftar naik dari tahun ke tahun,” sebut Sidik.

“Di balik angka tersebut ada kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dan amanah dari masyarakat sekaligus juga tugas yang berat untuk menjaga kualitas pendidikan madrasah,” sambungnya.

Ada 22 pilihan MAN IC, yaitu: MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN IC Jambi, MAN IC Aceh Timur, MAN IC Ogan Komering Ilir, MAN IC Siak, MAN IC Paser, MAN IC Kota Pekalongan, MAN IC Bangka Tengah, MAN IC Padang Pariaman, MAN IC Bengkulu Tengah, MAN IC Kota Batam, MAN IC Tanah Laut, MAN IC Sambas, MAN IC Kota Kendari, MAN IC Kota Palu, MAN IC Sorong, MAN IC Tapanuli Selatan, MAN IC Lombok Timur, MAN IC Halmahera Barat, MAN IC Gowa, dan MAN IC Pasuruan.

Berdasarkan data, MAN IC yang paling diminati adalah MAN Insan Cendekia Pekalongan, disusul MAN IC Serpong, MAN IC Padang Pariaman, MAN IC Gowa, dan MAN IC Ogan Komering Ilir.

Untuk MAN Program Keagamaan, ada 11 pilihan, yaitu: MAN 1 Jember, MAN 2 Kota Padang Panjang, MAN 3 Kota Makassar, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Darussalam Ciamis, MAN 2 Mataram, MAN 1 Yogyakarta, MAN 4 Jombang, MAN 2 Samarinda, MAN 4 Banjar, dan MAN Batam. MAN Program Keagamaan yang paling diminati adalah MAN 1 Surakarta, MAN 2 Kota Padang Panjang dan MAN 1 Yogyakarta.

“Untuk MAKN yang paling diminati adalah MAKN Bolaang Mongondow, baru kemudian MAKN Ende,” ujar Sidik.

Direktur KSKK Madrasah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Agama, sebagai pengelola lembaga pendidikan madrasah, khususnya Madrasah Aliyah Negeri Unggulan ini.

“Kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan madrasah ini penting. Sebab tanpa kepercayaan dari masyarakat, pendidikan madrasah sulit untuk bisa semaju sekarang ini. Kepercayaan tersebut memotivasi para pengelola pendidikan untuk terus berbenah dan melakukan transformasi-transformasi,” tambah Sidik Sisdiyanto.

Direktur KSKK Madrasah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan kepala MAN Unggulan yang telah membantu mensosialisasikan SNPDB ini sehingga bisa dirasakan seluruh masyarakat Indonesia.

Secara khusus Direktur KSKK juga menyampaikan terima kasih kepada Panitia SNPDB Pusat dan Tim dari Subdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah yang mengawal semua proses ini.

“Semoga proses berikutnya luancar dan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here