Kita Sedang OTW ke Sana Mengikuti Teman

467
Ilustrasi ziarah kubur. (Sumber: pwmu)

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Saat Rasululah ﷺ ditawarkan kasur empuk agar tidak lagi tidur di atas tikar kasar yang membuat bekas di kulit, Rasulullah ﷺ menolak dengan alasan kita semua sedang OTW pergi meninggalkan Alam Fana.

TRUE STORY:

1- Nabi ﷺ bersabda:

مَا لِيْ وَلِلدُّنْيَا؟ مَا أَنَا وَالدُّنْيَا؟! إِنَّمَا مَثَلِيْ وَمَثَلُ الدُّنْيَا كَمَثَلِ رَاكِبٍ ظَلَّ تَحْتَ شَجَرَةٍ ثُمَّ رَاحَ وَتَرَكَهَا

“Apalah artinya Dunia ini bagiku. Apalah urusanku di Dunia ini. Sungguh, perumpamaanku dan perumpamaan Dunia ini ialah seperti pengendara yang sejenak berteduh di bawah pohon, beristirahat sesaat kemudian pergi meninggalkannya,” (Hadits Sahih).

2- Kita sedang On The Way ke sana.

Tidak menunggu taubat kita, juga tidak kenal muda atau tua. semua sedang OTW ke sana, ke Alam Barzakh, yaitu RUANG TUNGGU PERTAMA menjelang Alam Akhirat.

BACA JUGA: Minimal Lakukan 4 Hal ini Setiap Hari

Rasulullah ﷺ mengingatkan sebagai berikut:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏: إِنَّ الْقَبْرَ أَوَّلُ مَنَازِلِ الآخِرَةِ فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ وَإِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ . (رواه الترمذي واحمد) ‏

“Sungguh lubang kubur itu adalah awal persinggahan dari banyak persinggahan di Akhirat.  Siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah. Siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya akan lebih sulit,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam At-Tirmizi, dan Al-Imam Ahmad).

3- Sangat Menakutkan.

سرعة الأيام مخيفة والعمر يجري كالسحاب فاملأ صحيفتك بالحسنات قبل أن تطويها  (من كلمات السيدة منى عبد الجابر)

“Sungguh hari demi hari yang begitu amat cepat berlalu sangat menakutkan. Umurpun berlari secepat awan pergi menghabiskan jatahnya. Maka isilah lembaran lembaran umurmu dengan catatan yang indah sebelum menghilang sama sekali”.

BACA JUGA: Islam Anjurkan Bobo-Bobo Siang

POINTERS:

1- Di lubang Barzakh akan jauh lebih lama dibanding dengan hidup kita di Dunia. Rasulullah ﷺ hidup di Dunia hanya 63 tahun, Sahabat Abu Bakar As-Siddiq RA 63 tahun, Umar Al-Faruuq RA 63 tahun, Ali Bin Abi Tholib RA 63 tahun juga, hanya Usman Bin Affan RA 82 tahun.

Mereka semua telah berada di Alam Barzakh, di kuburan sudah lebih dari 1.440 tahun, dan tidak ada yang tahu sampai kapan di situ. Demikian pula kita kelak.

2- Setiap orang yang sudah meninggal, terputuslah semua amalnya, terputuslah semua pahala ibadahnya, kecuali 3 hal: amal jariyahnya, Ilmunya yang bermanfaat bagi orang banyak, dan doanya anak-anak shalih.

BACA JUGA: Jangan Seenaknya, Al-Fatihah itu Berbeda

3- Dalam Hadits, Rasulullah ﷺ menggambarkan bahwa:

وروي عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أنه قال مثل الميت في قبره مثل الغريق يتعلق بكل شيء ينتظر دعوة من ولد أو والد أو أخ أو قريب. (كتاب قوت القلوب ج ٢ ص ٣٨٢)

“Perumpamaan orang orang yang telah meninggal, di dalam kuburnya bagaikan orang yang tenggelam di tengah lautan luas, bergelantungan pada apa saja yang bisa diraih, sambil menunggu doa dari anak, kedua rang tua, adik kaka atau kerabatnya”. (Ref: Kitab Quutul Quluub Juz 2, hal 382).

4- Khalifah Abu Bakar RA juga mengingatkan:

من دخل القبر بلا زاد فكانما ركب البحر بلا سفينة

“Siapa yang sudah berada dalam Kubur tanpa bekal amal soleh, seperti orang yang berenang menyeberangi Samudera luas tanpa kapal, atau berenang tanpa pelampung”.

BACA JUGA: Hati-Hati Berbicara Karena Diaminkan oleh Malaikat

ما الميت قبره الا كالغريق المغوث . (من كلمات امير المؤمنين ابى بكر الصديق رضى الله عنه)

“Orang orang yang sudah di dalam Kuburnya, bagaikan orang tenggelam di lautan luas, yang terus menerus berteriak teriak minta pertolongan”.

Semoga kita semua Husnul Khaatimah.

Semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemudahan untuk selalu menjalankan apa apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh Rasulullah ﷺ.

Semoga juga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here