In Syaa Allah Akan Sembuh, Sehat Wal ‘Aafiyah

212
Ilustrasi: Orang yang sedang sakit.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Jika ada penyakit yang selama ini diderita dan sudah sering ke dokter berobat, tapi belum juga sembuh, mari praktekkan “PENYEMBUHAN ALA NABI” yang disebut RUQYAH.

Maka, selain terus usaha berobat ke dokter, iringi dengan BERDOA, memohon pada Allah SWT Maha Penyembuh, agar segera DISEMBUHKAN.

TRUE STORIES:

SUNNAH RUQYAH Rasulullah ﷺ memohon kesembuhan:

Jika menderita penyakit serius, maka berdoalah sungguh sungguh dengan cara sebagai berikut:

BACA JUGA: Tersiksa di Kubur karena Hal Remeh Temeh

1- Istighfar 3 kali

2- Baca Basmalah 3 kali

3- Baca doa ini 7 kali sambil memegang bagian yang dirasa ada penyakit dengan tangan kanan:

أعوذ بالله وقدرته من شر ما أجد وأحاذر

A’udzu billaahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir.

“Yaa Allah, aku memohon dengan taqdir Mu, agar aku dilindungi dan dijauhkan dari keburukan apa-apa yang saya takuti dan apa-apa yang saya khawatirkan yang saya alami saat ini”.

BACA JUGA: Jadikan Shalih, Bukan Thalih

4- Setelahnya bershalawat kepada Rasulullah ﷺ: Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammad Wa ‘Alaa Aalihii Wa Ashaabihii Ajma’iin.

5- Membaca Surah Alfaatihah, Ayat Kursi, Al Kaafiruun (Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun…), Qul Hu (3 kali), Qul A’uudzu Bi Rabbil Falaq, Qul A’uddzu Bi Rabbin Naas..

Dilakukan kapan saja, lebih afdhal setiap pagi setelah Shalat Subuh dan sore hari setelah Shalat Ashar.

BACA JUGA: Mengapa Harus Berjabat Tangan Usai Shalat Berjamaah?

POINTERS:

1- Tetap berusaha berobat.

2- Setiap meminum obat, baca BISMILLAH, dan berdoa dalam hati: “Yaa Allah, sembuhkan aku, sungguh hanya Engkau Yang Maha Penyembuh”.

3- Allah SWT berjanji, jika berdoa pasti akan dikabulkan dengah syarat: beriman kepada Allah, tidak memakan makanan haram.

Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ. (البقرة الاية ١٨٦)

“Dan apabila Hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah: ‘Bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran,” (QS. Al-Baqarah 2, ayat 186, halaman 186).

BACA JUGA: Jika Terlanjur Berbuat “Nakal”

4- Berdasarkan Hadits yang dirawatkan oleh Al-Imam Al Bukhari dan Muslim, Ummul Mukminiin Aisyah RA menuturkan, bahwa Rasulullah ﷺ biasa membaca doa memohon kesembuhan untuk keluarganya yang sedang sakit.

Dengan sambil mengusapkan tangan kanannya, membaca doa ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma Rabban-naas ‘adzhibil-ba’sa, isyfi Antasy-syaafii, laa syifaa’a illaa syifaa uka, syifaa’an laa yughoodiru saqoman.

“Yaa Allah, Tuhannya semua Ummat Manusia, hilangkan lah penyakit ini, sembuhkan lah, sungguh hanya Engkau lah Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit lagi”.

BACA JUGA: Bacaan Al-Quranmulah yang Menyelamatkanmu dari Siksa Kubur

Itulah doa memohon kesembuhan yang bisa dibacakan untuk meminta kesembuhan diri sendiri dan kesembuhan keluarga dan orang lain.

5- Dan rutin lakukan RUQYAH seperti di atas itu.

6- Untuk mempercepat kesembuhan, seringlah bersedekah, niyatkan semoga lekas sembuh.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah ﷺ.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here