Hidupnya Akan Selalu Kesulitan dan Mukanya pun Kusut

495

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Sangat miris, saat ini penyakit hati yang diakibatkan oleh virus iri, dengki, fitnah dan ujaran kebencian tambah akut dan beranak pinak.

Tiada hari tanpa nyinyir dan ujaran kebencian, seolah tidak ada lagi kebaikan. Padahal, prilaku dan pikiran kita, adalah pilihan kita, kita sendirilah yang memilihnya.

Dan ingat bahwa, Allah SWT sangat amat memurkai orang-orang yang suka nyinyir, fitnah, ujar kebencian, hoaks dan caci maki. Hidupnya akan selalu menemui KESULITAN.

BACA JUGA: In Syaa Allah Akan Sembuh, Sehat Wal ‘Aafiyah

TRUE STORY:

1- Sahabat dekat Rasulullah ﷺ bernama Abdullah Bin Umar RA, menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

يا رسولَ اللَّهِ أيُّ المؤمنينَ أفضلُ؟ قالَ: أَحسنُهُم خُلقًا، قالَ: فأيُّ المؤمنينَ أَكْيَسُ؟ قالَ: أَكْثرُهُم للمَوتِ ذِكْرًا، وأحسنُهُم لما بعدَهُ استِعدادًا، أولئِكَ الأَكْياسُ. (رواه ابن ماجه)

“Yaa Rasulallah, orang Mukmin mana yang paling baik? Rasulullah menjawab: “Yang paling baik etikanya, akhlaknya.” Orang Anshar bertanya lagi: “Lalu orang Mukmin mana yang paling hebat dan cerdas? Rasulullah menjawab: “Yang paling banyak mengingat mati, dan yang paling baik dalam menyiapkan bekal untuk akhiratnya, itulah orang-orang hebat, yang cerdas,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ibnu Majah no. 34546).

BACA JUGA: Tersiksa di Kubur karena Hal Remeh Temeh

2- Rasulullah ﷺ memberi arahan cara hidup damai, adem, bahagia dan sejahtera. Rasulullah ﷺ bersabda:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِى تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى. رواه مسلم.

“Perumpamaan Orang-orang Yang Beriman dalam kerukunan, kasih sayang dan kepedulian adalah bagaikan “Satu Tubuh”, apabila salah satu anggota tubuh ada yang sakit, maka seluruh tubuh merasakan sakit, sulit tidur dan seluruh tubuh merasa demam,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Muslim no. 2586).

BACA JUGA: Jadikan Shalih, Bukan Thalih

POINTERS:

1- Allah mengharamkan saling menyakiti sesama makhluk meski berbeda-beda, apalagi seiman dan seagama.

2- Adalah termasuk dosa besar yang tidak diampunkan oleh Allah kecuali setelah dimaafkan oleh yang dikecewakan, yang disakiti.

3- Mari kita menambah pahala dengan saling peduli, saling tolong menolong.

BACA JUGA: Mengapa Harus Berjabat Tangan Usai Shalat Berjamaah?

4- Jangan lagi menambah beban dosa, dengan namiimah adu domba, ghiibah gossip, hoaks dan saling memfitnah.

Yaa Allaah, anugerahilah kami kemampuan untuk saling mengasihi, saling menyayangi dan tolong menolong, jauhkan kami dari sifat angkuh, pelit dan abai. Ampuni dosa-dosa kami semua yang membaca viral ini, rahmati, damaikan, sejahterakan dan berkati hidup kami yaa Allaah.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here