Berbuatlah

66

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Berbuatlah! Jika sudah berbuat, sudah ada yang bisa disempurnakan.  Jika tidak berbuat, tidak ada yang bisa disempurnakan.

Problem serius kita dalam kehidupan yang mengakibatkan keterpurukan meski kita mayoritas, adalah “berbuat tanpa berpikir, dan hanya berpikir saja tanpa berbuat”.

TRUE STORY:

Allah SWT berfirman dan memerintahkan kita agar berbuat, bekerja, action, bukan hanya ngomong, apa lagi hanya sibuk mengomentari hasil karya orang lain dengan nyinyiran, celaan, sedang dia sendiri tidak berbuat lebih baik dari mereka yang dicaci, yang dicela.

Ini titah, perintah lho! Dalam bahasa syari’ah disebut “Amr” (أمر), yaitu diawali dengan kata (اعملوا), berbuatlah.

BACA JUGA: Jika Demam Tinggi

Allah berfirman:

وَقُلِ ٱعۡمَلُواْ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمۡ وَرَسُولُهُۥ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلۡغَيۡبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ . (التوبة الاية ١٠٥)

“Berbuatlah kamu, bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang Mukmin semua melihat pekerjaanmu, dan kamu semua akan dikembalikan kepada Allah Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitahukan kepadamu, apa yang telah kamu kerjakan,” (QS At-Taubah, Surah ke 9, ayat 105, halaman 203).

POINTERS:

1- Siapapun, jika rajin berusaha, serius bekerja, Allah akan mencurahkan rezeki-Nya, tanpa melihat seseorang itu beriman atau tidak beriman.

Jika yang berusaha, yang bekerja itu orang yang beriman, maka Allah mencurahkan RAHMAN dan RAHIM NYA kepadanya.

Jika yang yang bekerja, yang berusaha itu orang yang tidak beriman pada Allah, ia hanya akan mendapatkan RAHMAN nya Allah SWT.

BACA JUGA: Makanan Menentukan Diterima atau Tidaknya Doa

2- Jika sudah berbuat, sudah ada yang bisa disempurnakan. Jika tidak berbuat, tidak ada yang bisa disempurnakan, maka lakukan apa yang sudah dipikirkan.

3- Allah SWT, sangat Murka pada orang yang sibuk mengomentari hasil kerja orang, iri pada kesuksesan orang, sedang dia sendiri malas bekerja, tidak berbuat apa-apa, tidak melakukan apa apa.

Allah SWT berfirman dan mengemukakan kemurkaan-Nya pada komentator yang malas berbuat:

يايها الذين امنوا لم تقولون ما لا تفعلون. كَبُرَ مَقۡتًا عِنۡدَ اللّٰهِ اَنۡ تَقُوۡلُوۡا مَا لَا تَفۡعَلُوۡنَ. (الصف الاية ٢-٣)

“Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan sesuatu, sedang kamu sendiri tidak mengerjakannya. Sungguh, sangat amat dibenci oleh Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan,” (QS. As-Shaaf, surah ke 61, ayat 2-3, halaman 551).

BACA JUGA: Jika Terlanjur Berbuat, Segera Sujud Taubat

4- Allah SWT Menyayangi orang-orang beriman yang mau berbuat lebih baik, lebih indah dari orang-orang yang tidak beriman.

Karena Allah SWT, telah menegaskan bahwa orang-orang yang beriman itu adalah umat yang terbaik:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ . ال عمران الاية ١١٠

“Kamu Umat Muslim adalah Umat yang terbaik yang diciptakan untuk Umat Manusia, karena kamu menyuruh berbuat yang Ma’ruf (kebaikan), dan mencegah kemungkaran dan Beriman pada Allah,” (QS. Aali ‘Imraan, surah ke 3, ayat 110, halaman 64).

5- Jika umat Muslim tidak menjadi umat yang terbaik, maka ada yang salah. Antara lain, karena hanya menjadi penonton, komentator, tidak berbuat lebih baik dari mereka yang tidak beriman. Umat Islam tidak mengamalkan apa yang diperintahkan Allah SWT.

BACA JUGA: Obati Sakitmu dengan Al-Quran

6- Umat yang rajin berbuat, kreatif, inovatif dan dinamis walau minoritas, akan mengalahkan yang mayoritas jika pemalas dan tidak berbuat, hanya menjadi penonton.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin beramal, rajin berbuat, dijauhkan dari sifat malas.

Dan senantiasa Allah SWT Membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here