Jika Terlanjur Berbuat, Segera Sujud Taubat

107

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Terkadang iman kita drop, kitapun lemah, dan mudah berbuat dosa. Agar tidak tergelincir ke dosa yang lebih serius lagi, maka, jika terlanjur berbuat dosa, SEGERALAH bertaubat dengan BERBUAT kebaikan, sekecil apapun dosa yang terlanjur dibuat.

TRUE STORY:

Rasulullah ﷺ mengingatkan dengan tegas:

عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ“. (رواه الترمذي )

“Bertakwalah pada Allah dimana pun Engkau berada, iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapus keburukan. Dan pergauilah Manusia dengan akhlak yang mulia,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam At-Tirmidzi).

BACA JUGA: Obati Sakitmu dengan Al-Quran

POINTERS:

1- Jika terlanjur berbuat dosa, sekecil apapun dan di manapun, SEGERALAH sujud seketika sambil baca:

سبحان ربي الاعلى وبحمده ، استغفر الله العظيم واتوب اليه (٣×)

Subhaana Rabbiyal A’laa Wa bihamdihii. Astaghfirullaahal ‘Adziim wa atuubu ilaihi (3x)

“Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dari perbuatanku ini semu, dan segala sifat yang terpuji hanya ada padaNya. Dan aku memohon ampun pada Allah, serta aku bertaubat padaNya”.

2- Setelah suasana memungkinkan, segera berwudhu dan lakukan shalat TAUBAT 2 Rakaat.   Niat Shalat Taubat:

نويت صلاة التوبة ركعتين لله تعالى

Nawaitu shalaatat Tauubati Rak’ataiini Lillaahi Ta’aalaa.

Cara shalat Taubat, seperti shalat lainnya, hanya beda pada niatnya saja.

BACA JUGA: Kuncinya Ada Tiga

3- Usahakan lebih banyak lagi berbuat kebaikan, seperti: perbanyak infak ke masjid, lebih peduli lagi pada orang miskin, lebih rajin lagi menolong, membantu orang dengan tenaga dan harta, perbanyak sedekah, selalu berbaik sangka, dan perbanyak Shalat Qiyaamullail.

4- Jauhi bergaul dengan orang nakal.

5- Jauhi ujaran kebencian, nyinyir, fitnah, gossip, hoaks, iri, dengki, caci dan kekerasan.

“Yaa Allah, anugerahilah kami kemampuan menjauhi perbuatan dosa. Jikapun kami telah terlanjur berbuat dosa, bukan karena kami tidak takut pada siksa Mu, tapi semata mata karena kelemahan dan kebodohan kami.

Ampuni dosa-dosa kami, rahmati dan berkati hidup mati kami semua yang membaca dan menyebarkan ini yaa Allaah. Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here