Makanan Menentukan Diterima atau Tidaknya Doa

62
Ilustrasi: Makan. (Foto: istock)

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Doa adalah senjata bagi orang orang yang beriman (الدعاء سلاح المؤمن). Allah SWT menyuruh kita agar rajin berdoa. Karena doa itulah yang menyelamatkan hidup kita.

TRUE STORIES:

Sa’ad Bin Abi Waqqaas RA sahabat dekat Rasulullah ﷺ ini memohon kepada Rasulullah ﷺ mendoakannya, agar semua doa-doanya dikabulkan. Rasulullah pun menjawab dengan sabdanya:

“Wahai Sa’ad, perbaiki makananmu, niscaya doamu akan dikabulkan. Demi Allah, Yang di tangan-Nyalah nyawa Muhammad, sungguh orang yang memakan sesuap makanan HARAM dan masuk ke perutnya maka doanya tertolak selama 40 hari. Dan siapapun yang dagingnya tumbuh dari makanan hasil tipu-tipuan dan Riba, maka dia lebih utama disiksa Api Neraka,” (Hadis Sahih Riwayat Sa’ad Bin Abi Waqqas).

BACA JUGA:

Jika Terlanjur Berbuat, Segera Sujud Taubat

Obati Sakitmu dengan Al-Quran

Kuncinya Ada Tiga

Demikian, inti dari hadits sebagai berikut:

قال سعد بن أبي وقاص يا رسول الله: أدع الله أن يجعلني مستجاب الدعوة. فقال يا سعد: أطبْ مطعمَك تكنْ مستجابَ الدعوة، والذي نفس محمد بيده، إِن الرجل ليقذف اللقمة الحرام في جوفه ما يتقبَّلُ منه أربعين يوماً، وأيمّا عبدٍ نبت لحمة من السُّحتِ والربا فالنارُ أولى به

POINTERS:

1- Jauhi makanan dan munuman haram. Haram barangnya, dan yang juga yang haram cara memperolehnya.

2- Jauhi usaha haram yang tentunya hasilnya juga haram.

3- Perbanyak bertaubat.

4- Perbanyak infak, sedekah dan peduli pada dhu’afaa.

Yaa Allaah, jauhkan kami semua yang membaca viral ini dari hasil kerja haram, dari makanan haram, pakaian haram, tempat haram dan dari pergaulan yang haram.

Dan semoga juga Allah senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here