Terjerumus Karena Perut dan Selangkangan

178

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School

Peringatan dari Rasulullah ﷺ, agar waspada dan berhati-hati soal ISI PERUT dan soal WANITA. Dan inilah yang dikhawatirkan oleh Rasulullah ﷺ akan terjadi pada umatnya, yaitu nafsu AMMAARAH BISSUUI yang tidak terkendali karena lemahnya iman dan hanyut pada rayuan setan.

Hidup dalam jebakan fatamorgana indahnya dunia yang hanya sekejap, dan lupa indahnya akhirat yang abadi.

Hal ini mudah sekali terjadi pada orang-orang yang sering meninggalkan shalat, makan dari yang tidak halal, sering mengambil hak orang, jarang bersedekah, angkuh, dan tidak berbakti pada orangtua.

BACA JUGA: In Syaa Allah

TRUE STORIES:

Rasulullah ﷺ mengingatkan:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَأَلِهِ وَسَلَّمَ: سَيَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمِانٌ بُطُوْنُهُم آلِهَتُهُم وَنِسَاؤُهُم قِبْلَتُهُم، وَدَنَانِيْرُهُمْ دِيْنُهُمْ، وَشَرَفُهُمْ مَتَاعُهُمْ،

 “Hati-hati, akan datang suatu zaman pada manusia, di mana perut mereka dijadikan Tuhan mereka, wanita dijadikan kiblat mereka, Dinar (uang) dijadikan agama mereka, dan kemuliaan mereka diukur pada kekayaan mereka”.

فَتَعْجَبُ الصَّحَابَةِ وَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ أَيَعْبُدُوْنَ الأَصْنَامِ

“Maka heranlah para Sahabat mendengar penjelasan Rasulullah ini. Lalu mereka bertanya; “Yaa Rasulallah, apakah mereka ini menyembah berhala?”

 قَالَ: نَعَم، كُلُّ دِرْهَمٍ عِنْدَهُمُ صَنَمٌ .متفق عليه

Rasululla ﷺ menjawab: “Ya! Bagi mereka, setiap Dirham (uang) DIPERTUHANKAN,” (Hadits Sahih Muttaafaqun ‘Alaihi).

BACA JUGA: Jika Terbangun di Tengah Malam, Lakukanlah Hal Ini!

POINTERS:

1- Berbahagialah mereka yang mampu tetap konsisten menjaga iman dan menjauhi godaan setan dengan selalu mengingat Allah SWT pada setiap langkahnya.

2- Lebih mengutamakan kesederhanaan hidup, menjauhi kesombongan, hura-hura, pamer harta dan jabatan.

3- Rajin shalat berjamaah.

4- Menjauhi makanan dan minuman yang tidak halal.

5- Dan selalu hormat dan berbakti pada kedua orangtua.

BACA JUGA: Jangan Sampai Terlambat

SOLUSI:

Allah SWT berfirman:

الم، أحسب الناس ان يتركوا ان يقولوا امنا وهم لا يفتنون . ولقد فتنا الذين من قبلهم فليعلمن الله الذين صدقوا و ليعلمن الكذبين.  (العنكبوت ٢٩ الاية ١ – ٣)

“Alif Laam Miim; Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan “Kami Telah Beriman”, dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang jujur dan benar, dan pasti juga Allah mengetahui orang orang yang pembohong,” (QS. Al-‘Ankabuut 29, Ayat 1-3, halaman 396).

BACA JUGA: Jangan Pernah Masuk Rumah Sendiri Tanpa Memberi Salam

Ada 3 ujian, yang sering membuat hidup ini kacau. Dan Al-Quran telah memberi tips jalan keluarnya. Inilah 3 cara mengatasinya:

1- Jika engkau sedang diuji dengan hawa nafsu dan birahi yang “Ammaarah Bissuu’ ” (nafsu yang selalu mendorong ke hal-hal buruk), maka perhatikan “kualitas shalat”. Baca QS. Maryam 19 ayat 59, halaman 309:

فخلف من بعدهم خلف اضاعوا الصلوة واتبعوا الشهوت فسوف يلقون غيا. (مريم ١٩ الاية ٥٩)

“Kemudian, datanglah generasi setelah mereka, pengganti yang MENGABAIKAN kualitas shalat dan mereka mengikuti syahwatnya, maka mereka kelak akan tersesat”.

2- Jika merasa sempit, susah, gelisah dan selalu gagal urusan, perhatikanlah perilakumu terhadap ibu dan ayahmu. Baca QS. Maryam 19 ayat 32, halaman 307:

 وبرا بوالدتى ولم يجعلنى جبارا شقيا.  (مريم ١٩ الاية ٣٢ )

“Dan berbakti pada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku orang yang sombong lagi celaka”.

BACA JUGA: Setiap Kesulitan Ada Jalan Keluarnya

3- Jika merasa kehidupan sulit, miskin, tidak pernah punya penghasilan yang memadai, perhatikan kepedulian pada Al-Quran dan sering tidaknya Istighfar, bersyukur dan dzikir pada Allah. Baca QS. Thoha 20, ayat 124, halaman 320:

ومن اعرض عن ذكرى فان له معيشة ضنكا ونحشره يوم القيمة اعمى. (طه ٢٠ الاية ١٢٤)

“Dan siapa yang berpaling dari peringatanKu, maka sungguh dia akan mengalami kehidupan yang sempit, dan Kami akan Mengumpulkan mereka pada Hari Kiamat dalam keadaan buta”.

Yaa Allah, anugerahilah kami iman yang kuat, yang selalu membahagiakan hati kami, jiwa yang damai, prilaku yang indah jauh dari kemungkaran, keangkuhan dan kesesatan. Mudahkan kami dalam menjalankan semua perintahMu dan menjauhi semua laranganMu.

Yaa Allah, bimbinglah kami untuk selalu eling mengingat Mu, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Mu.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here