Setiap Kesulitan Ada Jalan Keluarnya

144

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School

Hidup ini tidak selalu mulus, apa lagi orang yang beriman, pasti akan dicoba dan diuji untuk mengetahui kadar keimanannya.

Namun, yakinlah bahwa setiap cobaan, setiap ujian tidaklah kekal, hanya betsifat sementara. Jika sabar, maka akan naiklah derajatnya di mata Allah SWT.

Karena, ujian dan cobaan itu jika dilalui dengan kesabaran, mampu menghapus dosa-dosanya. Dan Allah SWT, telah memberi jalan keluar dari setiap ujian dan cobaan.

BACA JUGA: Tanam Pohon Adalah Ibadah, Amal Shalih

TRUE STORIES:

Allah SWT telah berfirman:

الم، أحسب الناس ان يتركوا ان يقولوا امنا وهم لا يفتنون. ولقد فتنا الذين من قبلهم فليعلمن الله الذين صدقوا و ليعلمن الكذبين. (العنكبوت ٢٩ الاية ١ – ٣)

“Alif Laam Miim; Apakah Manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan “Kami Telah Beriman”, dan mereka tidak diuji? Dan sungguh, Kami telah Menguji orang orang sebelum mereka, maka Allah pasti Mengetahui orang orang yang jujur dan benar, dan pasti juga Allah Mengetahui orang orang yang pembohong,” (QS. Al-‘Ankabuut 29, ayat 1-3, halaman 396).

BACA JUGA: Akan Disiksa dan Tidak Akan Masuk Surga Karena Utang

POINTERS:

Paling tidak, ada 3 ujian, yang sering membuat kita tegang dan pusing 7 keliling. Namun jangan khawatir, Al-Quran telah memberi tips jalan keluarnya.

Inilah 3 cara mengatasinya:

1- Jika engkau sedang diuji dengan hawa nafsu dan birahi yang “Ammaarah Bissuu” (nafsu yang selalu mendorong ke hal hal buruk), maka perhatikan kembali kualitas shalatmu. (Baca Al-Quran Surah Maryam 19 ayat 59, halaman 309).

2- Jika merasa sempit, susah, gelisah dan selalu gagal urusan, perhatikanlah prilakumu terhadap ibu dan ayahmu. (Baca Al-Quran Surah Maryam 19 ayat 32, halaman 307).

BACA JUGA: Jika Terlanjur Berbuat Dosa, Apa yang Harus Dilakukan?

3- Jika merasa kehidupanmu sulit, miskin, tidak pernah punya penghasilan yang memadai, perhatikan kepedulianmu pada Al-Quran dan sering tidaknya istighfar bersyukur dan zikir pada Allah. (Baca Al-Quran Surah Thoha 20, ayat 124, halaman 320).

Penjelasan tersebut di atas, adalah kutipan terjemahan dari teks dibawah ini:

ثلاث مشاكل تحل بثلاث وساءل

الاولى: اذا ابتليت بحب الشهوات

الحل: راجع حساباتك مع الصلوات

الدليل: قال تعالى (فخلف من بعدهم خلف اضاعوا الصلاة واتبعوا الشهوات). سورة مريم ١٩ الاية ٥٩

الثانية: اذا احسست بالشقاء وعدم التوفيق

الحل: راجع حساباتك مع امك

الدليل: قال تعالى (وبرا بوالدتى ولم يجعلنى جبارا شقيا . سورة مريم ١٩ الاية ٣٢)

الثالثة: اذا شعرت بالاكتءاب والضنك

الحل: راجع حساباتك مع القران

الدليل: قال تعالى ( ومن اعرض عن ذكرى فان له معيشة ضنكا) سورة طه ٢٠ الاية ١٢٤

BACA JUGA: 6 Hal yang Mengusir Kesulitan Hidup

Semoga shalat, pengabdian pada kedua orangtua, baca Al-Quran dan istighfar kita terus meningkat dan tambah membaik.

Dan semoga juga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin membaca Al-Quran dan rajin berdoa.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here