Silakan Makan dan Minum di Masjid, Tapi…

47
Ilustrasi: Suasana buka puasa di Masjid Nabawi.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Hingga sekarang, masih banyak orang yang mengaku muslim, tapi kalau ke masjid berpakaian seenaknya, seadanya.

Bahkan ada yang memakai celana jean’s sempit sobek-sobek, jika ruku atau sujud, bokong pantatnya terbuka, sampai, maaf kelihatan belahan pantatnya.

Ini kan membuka aurat, yang membuat shalat jadi batal, tidak sah. Karena, salah satu syarat sahnya shalat adalah MENUTUP AURAT.

TRUE STORY:

Allah SWT berfirman memerintahkan hamba-Nya, kalau ke masjid, gunakanlah pakaian rapi, yang bersih, bagus, cantik dan menutup aurat.

Coba deh hayati firman Allah SWT ini:

 يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ  (الاعراف ٣١)

“Wahai Manusia, Anak Cucu Adam!, gunakanlah pakaianmu yang bagus pada setiap pergi ke Masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak Menyukai orang orang yang berlebih-lebihan,” (QS. Al-A’raaf, surah ke-7, ayat 31, halaman 154).

BACA JUGA: Lakukan Setiap Bangun Pagi

POINTERS:

1- Mulai sekarang jangan lagi memakai pakaian yang ketat, celana yang sobek-sobek, atau kaos oblong yang bergambar macam-macam atau tulisan yang aneh-aneh.

Selain tidak disukai Allah SWT, juga akan mengganggu jamaah lain yang mungkin saja melihat dan membaca tulisan-tulisan yang ada di kaos.

2- Jika kebetulan sedang berpakaian seperti yang disebutkan di atas, dan mau shalat di masjid, usahkan menutupnya dengan meminjam sarung dan rompi dari tempat penitipan sepatu yang biasanya disediakan oleh DKM.

BACA JUGA: Perindahlah Masjid Lebih Indah dari Rumahmu

3- Dalam ayat 31 di Surah Al-A’raaf di atas, perintah Allah memakai busana yang rapi dan bagus, Allah menggandengkan perintah-Nya dengan makan dan minum.

Ini menunjukkan, bahwa kita diperbolehkan makan dan minum di dalam masjid, dengan syarat tidak berlebih-lebihan.

Maka, kita bisa saksikan, di Masjid Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah, selama Ramadhan, selalu tersedia makanan dan minuman yang berlimpah.

4- Jika ingin memperoleh pahala besar dan perhatian khusus dari Allah SWT, rajinlah bersedekah makanan dan minuman untuk jamaah shalat di masjid.

Maka, di pelataran Masjidil Haram di Makkah dan pelataran Masjid Nabawi di Madinah, sering kita menyaksikan ada saja orang-orang yang sabar berkeliling membagikan makanan kepada para jamaah yang lalu lalang.

BACA JUGA: Tetaplah Berbuat Baik, Meski Banyak Iblis Menghalangi

5- Pengurus Masjid (DKM), harus menyediakan sarung, rompi panjang, dan mukena yang bisa dipinjam-gunakan oleh jamaah.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan selalu berpakaian yang baik, rapi, menutup aurat dan mendapatkan makanan yang baik baik pula.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here