Tanam Pohon Adalah Ibadah, Amal Shalih

105

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School

Islam adalah agama yang cinta lingkungan, peduli kelestarian alam dan mengutamakan keberlanjutan habibat.

TRUE STORIES:

1- Rasulullah ﷺ berpesan:

إن قَامَتِ السَّاعَةُ وَفِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لَا تَقُومَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا. رواه البخارى و احمد

“Jikapun akan terjadi hari Kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada bibit, jika ia mampu sebelum terjadi hari Kiamat, maka tanamlah,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari dan Ahmad).

2- Sahabat dekat Rasulullah ﷺ bernama Jabir Bin Abdullah RA menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلاَّ كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَ مَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَ مَا أَكَلَتِ الطَّيْرُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةً وَ لاَ يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً. رواه مسلم

“Tidaklah seorang Muslim menanam pohon, melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah dan pahalanya untuknya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah dan pahalanya untuk nya, dan tidaklah kepunyaan seorang itu berkurang melainkan menjadi sedekah dan pahala baginya,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim Hadits no.1552).

BACA JUGA: Akan Disiksa dan Tidak Akan Masuk Surga Karena Utang

3- Sahabat dekat Rasulullah ﷺ bernama Anas Bin Malik RA, menuturkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا, أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَة إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ.  (رواه البخاري )

“Tidaklah seorang Muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian tanaman itu dimakan oleh burung, manusia atau hewan, melainkan menjadi sedekah dan pahalanya untuk yang menanam,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Bukhari no.2321).

POINTERS:

1- Dari ke-3 hadits sahih diatas, sangat tegas, bahwa Rasulullah ﷺ memerintahkan umat Muslim memperbanyak amal Shaleh dengan rajin menanam pohon.

2- Dengan menanam pohon, sejatinya adalah mencegah banjir, mengurangi polusi udara, menghindari efek rumah kaca yang mampu menurunkan suhu udara dan cuaca ekstrim, memperbanyak sumber oksigen, demi kenyamanan hidup dan keindahan.

BACA JUGA: Jika Terlanjur Berbuat Dosa, Apa yang Harus Dilakukan?

3- Manfaat akhiratnya adalah berupa pahala besar. Karena, tanaman yang kita tanam apabila dimakan oleh manusia, binatang dan burung, meski hanya satu biji saja, sungguh, itu menjadi sedekah bagi penanamnya. Demikian besarnya perhatian Islam terhadap penanaman pohon dan penghijauan.

4- Disisi lain, Islam melarang untuk menebang atau merusak bumi. Sebagai khalifah di bumi, kita dituntut untuk menjaga lingkungan, sebagaimana firman Allah SWT:

وَ لَا تُفۡسِدُواْ فِي ٱلۡأَرض بعد اصلاحها ذلكم خير لكم ان كنتم مؤمنين.  (الاعراف ٧ الاية ٨٥)

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi setelah kami ciptakan dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang-orang yang beriman,” (QS. Al-A’raaf 7, Ayat 85, halaman 161).

BACA JUGA: 6 Hal yang Mengusir Kesulitan Hidup

5- Berbagai kehancuran dan kerusakan terjadi di mana-mana hingga menimbulkan banyak bencana. Allah ﷺ berfirman:

ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِي ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِي عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ . (الروم ٣٠ الاية ٤١)

“Telah nampak jelas kerusakan di darat 6dan di laut yang disebabkan oleh perbuatan tangan Manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar,” (QS. Ar-Ruum 30, Ayat 41, halaman 408).

6- Oleh karena itu, manusia sebagai Khalifah, atau yang dipercaya mengurusi hamparan bumi ini, hendaknyalah selalu menjaga bumi ini dengan sebaik-baiknya dan dilarang merusak lingkungan karena pada dasarnya bumi yang kita tinggali ini adalah titipan dari Allah SWT.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin menjaga lingkungan, dan rajin menanam pohon.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here