Rajinlah Dibersihkan Agar Jin Jahat Pergi

193
ilustrasi iblis mengganggu manusia (Foto: Tribun)

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Jin yang kadang-kadang baik, dan kadang jahat disebut Iblis. Jin yang selalu jahat, tidak pernah baik disebut Setan.

Setan, terbagi-bagi, sesuai dengan jenis kejahatannya. Setan yang getol mengganggu Manusia saat tidur, namanya “Jaatsuum” جاثوم. Setan yang getol mengganggu orang saat Sholat, namanya “Khinzib” atau “Khanzab” خنزب.

Komandannya Jin, atau Jin yang paling kuat dan berpengaruh, namanya IFRIIT.

BACA JUGA: Tiba-Tiba Meninggal

TRUE STORY:

Allah SWT berfirman menyebut nama IFRIIT dalam Al-Quran:

قَالَ عِفۡرِيۡتٌ مِّنَ الۡجِنِّ اَنَا اٰتِيۡكَ بِهٖ قَبۡلَ اَنۡ تَقُوۡمَ مِنۡ مَّقَامِكَ‌ۚ وَاِنِّىۡ عَلَيۡهِ لَـقَوِىٌّ اَمِيۡنٌ. قَالَ الَّذِىۡ عِنۡدَهٗ عِلۡمٌ مِّنَ الۡـكِتٰبِ اَنَا اٰتِيۡكَ بِهٖ قَبۡلَ اَنۡ يَّرۡتَدَّ اِلَيۡكَ طَرۡفُكَ‌ؕ فَلَمَّا رَاٰهُ مُسۡتَقِرًّا عِنۡدَهٗ قَالَ هٰذَا مِنۡ فَضۡلِ رَبِّىۡ‌ۖ لِيَبۡلُوَنِىۡٓ ءَاَشۡكُرُ اَمۡ اَكۡفُرُ‌ؕ وَمَنۡ شَكَرَ فَاِنَّمَا يَشۡكُرُ لِنَفۡسِهٖ‌ۚ وَمَنۡ كَفَرَ فَاِنَّ رَبِّىۡ غَنِىٌّ كَرِيۡمٌ. (سورة النمل ٢٧ الاية ٤٠)

‘Ifriit dari golongan Jin, berkata: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sungguh, aku benar-benar kuat dan mampu untuk membawanya lagi dapat dipercaya.”

Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al-Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.”

Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari akan nikmat-Nya.

Dan siapa yang bersyukur maka sungguh, dia bersyukur untuk kebaikan dirinya sendiri dan siapa yang ingkar, maka sungguh, Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia,” (QS. An-Naml 27, ayat 39-40, halaman 380).

BACA JUGA: Doa Simpati untuk Korban Gempa

Sahabat Ibnu Abbas RA menuturkan, bahwa Jin ‘Ifriit itu, sangat kuat luar biasa, mampu memindahkan Istana dalam waktu sekejap mata, dan dapat dipercaya untuk menjaga semua permata yang ada di dalam singgasana Ratu Balqis ke hadapan Nabi Sulaiman AS.

Ada 7 tempat favoritnya Setan bersarang di tubuh manusia.

Oleh sebab itu, kita diwajibkan untuk rutin membersihkan ke-7 bagian anggota badan kita, yaitu:

1- Lubang Mulut.

Jin jahat akan berusaha masuk ke lubang mulut manusia saat sedang menguap. Maka, saat sedang menguap, dianjurkan menutup mulut dan membaca Ta’awwudz (a’uuzu billaahi minasyaitaanir rajiim).

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم

Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila seseorang menguap, letakkanlah tangan menutup mulut. tutuplah, karena Setan akan masuk bersama dengan orang yang menguap,” (Hadits Shahih Riwayah Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Istighfarlah yang Kita Andalkan

2- Di Bawah Kuku.

Makanya, dianjurkan agar rutin memotong kuku, sunnahnya di hari Jumat, karena Setan mengganggu manusia melalui kuku-kuku yang panjang.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Potong, pendekkan kuku-kukumu. Sungguh, Setan mengganggu melalui kuku-kuku yang Panjang,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ahmad)

3- Lubang Hidung.

Saat manusia tidur, Jin ikut menginap di batang hidung manusia. Maka, saat bangun tidur, dianjurkan membasuh lubang hidung sebanyak tiga kali.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila salah seorang di antara engkau bangun tidur, hendaklah memasukkan air, yaitu Istinsyaaq 3 kali, dan mengeluarkan air dari hidung yaitu Istintsaar 3 kali juga, karena Setan itu menginap di lubang hidung,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Sunnah Rasulullah yang Hampir Terlupakan

4- Lubang Telinga.

Bukan sekedar sembunyi di telinga Manusia, ternyata ketika seseorang tertidur hingga pagi tanpa mengerjakan Shalat malam, maka telinganya telah dikencingi oleh Jin.

Sebagaimana dituturkan oleh Abdullah RA bahwa Di sisi Rasulullah ﷺ ada seorang laki-laki yang selalu tidur sampai pagi tanpa mengerjakan Shalat malam.

Lalu Rasulullah ﷺ bersabda: “Setan telah kencing di telinganya,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

5- Urat Nadi.

Jin atau Setan mampu menyusup ke dalam tubuh manusia melalui aliran darah manusia.

Dari aliran darah inilah, Jin berusaha memperdayai manusia.

Hal ini dijelaskan oleh Shafiyyah Binti Huyay, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sungguh, Setan itu marasuk ke dalam tubuh manusia melalui urat Nadi dan peredaran darah yang ada dalam tubuh manusia,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Mata, Telinga, Lidah, dan Hati Akan Dimintai Pertanggung Jawabannya

6- Lubang Pusar.

Lubang pusar merupakan tempat yang kotor karena jarang dibersihkan. Dan Jin atau Setan sangat menyukai tempat-tempat yang kotor. Bahkan saat seseorang diruqiyah diketahui bahwa kebanyakan Jin bersembunyi dan tinggal di bagian lubang pusar manusia. Maka sangat dianjurkan agar sering membersihkan lubang pusar.

7- Lubang Kemaluan.

Jin atau Setan, akan menambah rasa nikmat saat seseorang berselingkuh, BERZINA dengan cara menstimulir urat syaraf kemaluan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menjaga kebersihan organ intim, pendekkan bulu-bulunya baik pria maupun wanita dan berdoa:

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillaah, Allaahumma jannib nas Syaithaana, wa jannibis syaithaana maa razaqtanaa.

“Dengan menyebut nama Allah, yaa Allah, jauhkanlah kami dari gangguan Setan dan jauhkanlah Setan supaya tidak mengganggu anak yang akan Engkau anugerahkan kepada kami.”

BACA JUGA: Jari Digoyang-Goyang

Doa di bawah ini pernah juga Rasulullah ﷺ membacanya:

بِسْمِ اللهِ العِلِيِّ العَظِيْمِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنْ قَدَّرْتَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ صُلْبِيْ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنِي الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنِيْ

Bismillaahil ‘aliyyil ‘adzhiim. Allaahummaj`alhu dzurriyatan thayyibatan, in qaddarta an tukhrija dzaalika min sulbii. Allaahumma jannibniisy-syaithaan wa jannibisy-syaithaana maa razaqtanaa.

“Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Tuhanku, jadikanlah ia keturunan yang baik bila Kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku. Tuhanku, jauhkan aku dari Setan, dan jauhkan Setan dari benih janin yang akan Engkau Anugerahkan kepadaku”.

BACA JUGA: Engkau Peduli Masjid, Allah Lebih Peduli Kepadamu

POINTERS:

1- Ikutilah Sunnah Rasulullah ﷺ, rutin mencukur rambut kemaluan, memendekkan kumis, memotong kuku dan mencabut bulu-bulu ketiak.

2- Selain bersih dan sehat, juga menghalangi Jin bersembunyi di 7 bagian tubuh kita.

3- Selalu berdoa pada setiap aktifitas yang akan dilakukan. Hafalkan doa-doa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk masing masing kegiatan. MINIMAL, jika belum hafal DOA nya, baca TA’AWWUDZ, yaitu:

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

A’uudzu billaahi minasy Syaitoonir Rajiim.

“Aku berlindung pada Allah dari gangguan Setan yang terkutuk”.

BACA JUGA: Sayangi, Jika Ingin Disayang

4- Usahakan, selalu dalam keadaan berwudhu. Jika wudhu batal, segera berwudhu lagi, meski bukan waktu shalat.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin membaca Al-Quran, rajin berdoa, dan dijauhkan dari gangguan Setan.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here