Istighfarlah yang Kita Andalkan

111

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Tidak ada yang luput dari dosa, dan khilaf karena mamang sudah diingatkan bahwa, pada manusia bersemayam sifat kekurangan, suka salah dan pelupa.

الانسان محل الخطأ والنسيان

“Manusia, adalah tempat salah dan lupa”.

TRUE STORY:

1- Rasulullah ﷺ bersabda:

عنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضِي اللَّه عنْهُما قَال: قالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: “مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Siapa yang memperbanyak Istighfar; Allah SWT Memberikan jalan keluar setiap kesedihannya, kelapangan setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak terduga,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ahmad dari Ibnu Abbas RA).

BACA JUGA: Sunnah Rasulullah yang Hampir Terlupakan

2- Taati perintah Allah SWT berikut ini:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً

“BerIstighfarlah pada Allah, Tuhan kalian. Sungguh Dia Maha Pengampun. Dia akan Menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan Memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga Mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu,” (QS. Nuh, ayat 10-12).

3- Perintah Allah SWT agar perbanyak Istighfar.

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan Memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai pada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan Memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya,” (QS. Hud, ayat 3).

BACA JUGA: Mata, Telinga, Lidah, dan Hati Akan Dimintai Pertanggung Jawabannya

4- Allah SWT berfirman, agar perbanyak Istighfar dan bertaubat:

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

“Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu, lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia Menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan Menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa,” (QS. Hud, ayat 52).

POINTERS:

1- Hanya Istighfar dan Taubat kita lah yang bisa menyelamatkan kita. Maka perbanyaklah Istighfar, memohon ampun pada Allah dan berusaha untuk meminimalkan kemaksiatan.

2- Istighfar, minimalnya adalah sering mengucapkan:

استغغر الله العظيم

“(Astagfirullaahal ‘Adziim) Aku mohon ampun pada Allah, Tuhan Yang Maha Agung”.

BACA JUGA: Engkau Peduli Masjid, Allah Lebih Peduli Kepadamu

3- Istighfar yang lebih panjang:

استغفرالله العظيم و أتوب اليه

“(Astaghfirullaahal ‘Adziim wa atuubu ilaih) Aku memohon ampun pada Allah, Tuhan Yang Maha Agung, dan aku bertaubat pada Nya”.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin membaca Al-Quran, berzikir dan berIstighfar.

Dan senantiasa Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here