Mata, Telinga, Lidah, dan Hati Akan Dimintai Pertanggung Jawabannya

374

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Setiap akan berbuat, ingat bahwa Allah SWT Maha Melihat, dan kelak di kubur kita akan ditanya.

TRUE STORY:

1- Rasulullah ﷺ bersabda, mengingatkan bahwa Alam Kubur adalah gambaran perjalanan ke alam selanjutnya:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ان القبر اول المنازل الاخرة. فان نجا منه. فما بعده ايسر منه. وان لم ينج منه فما بعده أشد منه.  (رواه ابن ماجه)

“Sungguh, Kubur adalah tempat persinggahan pertama menuju Akhirat. Jika di Kubur ini, selamat, maka perjalanan selanjutnya akan lebih mudah. Jika di Kubur ini tidak selamat, maka perjalanan selanjutnya, akan lebih tidak selamat lagi,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Ibnu Maajah).

BACA JUGA: Jari Digoyang-Goyang

2- Allah SWT berfirman:

أَلَمْ نَجْعَل لَّهُۥ عَيْنَيْنِ

“Bukankah Kami telah Membuatkan untuknya sepasang mata,”

وَلِسَانًا وَشَفَتَيْنِ

“Dan lidah dan sepasang bibir?” (QS. Al-Balad 90, Ayat 8- 9 halaman 594).

 إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

“Sungguh, pendengaran, penglihatan, dan hati, semua itu akan dimintai pertanggung-jawabannya,” (QS Al-Israa’ 17, Ayat 36, halaman 285).

BACA JUGA: Engkau Peduli Masjid, Allah Lebih Peduli Kepadamu

POINTERS:

1- Nasehat Al-Imam Al-Hakiim, agar kita menjaga hati dan semua raga, agar selamat di Alam Fana, di Alam Kubur dan di Alam Akhirat:

سئل حكيم عن الطهارة فقال: اغسل قلبك قبل جسدك ولسانك قبل يديك واحسن الظن فى الناس.  اذا كان لديك عينان فلماذا ترى الناس باذنيك؟ عامل الناس بما ترى منهم وليس بما تسمع عنهم.  ليس عليك اسعاد كل الناس ولكن عليك ان لا تؤذى احدا. رزقنا الله واياكم طهارة القلب

Apa itu bersih-bersih? Bersih itu adalah: cucilah hati sebelum cuci badan, cucilah lidah sebelum cuci tangan, berbaik sangkalah kepada orang. Jika engkau punya dua mata, kenapa masih melihat orang lain dengan kedua telingamu? Perlakukanlah orang lain sesuai dengan apa yang engkau lihat, bukan dengan apa yang engkau dengar tentang dia. Engkau tidaklah harus membahagiakan semua orang, tapi engkau harus tidak boleh menyakiti siapapun. Semoga Allah SWT menganugerahkan kita “Hati Yang Bersih,” (Al-Imam Al-Hakiim).

BACA JUGA: Sayangi, Jika Ingin Disayang

2- Perbanyak berdoa semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemampuan untuk selalu menjaga lisan, dijauhkan dari ujaran kebencian, caci, nyinyir, maki, hoaks, fitnah dan gossip.

3- Berpikir sebelum bertindak.

4- Saatnya pasti akan tiba waktunya untuk kita mempertanggung jawabkan semua apa yang kita lakukan, dan tidak mungkin bisa menghindar.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan untuk mengerjakan apa yang diperintahkan, dan menjauhi apa yang diharamkan Allah SWT.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here