Penyembuh Terampuh

86
Saat menjenguk, doakanlah saudara kita yang sedang sakit tersebut.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Jika sakit, harus berusaha keras untuk sembuh dengan cara berobat ke Tabib yaitu dokter, bukan ke dukun. Sekali lagi, ke dokter bukan ke dukun.

Selama pengobatan inilah, perbanyak membaca ayat-ayat Syifaa’ atau ayat-ayat “Penyembuh”, karena obat obatan tidaklah cukup tanpa berdoa dengan membaca ayat-ayat Allah SWT, firman Allah Yang Maha Pemberi kesembuhan.

Allah SWT menegaskan:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah: “Aku adalah dekat. Aku Mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran,” (QS. Al-Baqarah 2, ayat 186, halaman 28).

BACA JUGA: Cari Teman Ayah dan Ibu

TRUE STORIES:

1- Rasulullah ﷺ bersabda:

عن أُسامةَ بنِ شَريكٍ رَضِيَ اللَّهُ عنه، قال: قالَتِ الأعرابُ: يا رسولَ الله، ألَا نتداوَى؟ قال: نَعمْ، يا عبادَ اللهِ تداوَوْا؛ فإنَّ اللهَ لم يَضَعْ داءً إلَّا وضَعَ له شفاءً. (رواه الترمذى وابن ماجه وابو داود وأحمد)

Sahabat dekat Rasulullah ﷺ Usamah Bin Syariik RA, menuturkan, bahwa ada seorang warga setempat bertanya kepada Rasulullah ﷺ: “Yaa Rasulallah, apakah kami harus berobat? Rasulullah ﷺ menjawab: “Tentu, berobatlah wahai hamba-hamba Allah, karena Allah tidak menciptakan penyakit, kecuali juga menciptakan obatnya,” (Hadits Sahih Sahih Riwayah: Al Imam At Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Dawud, dan Ahmad).

2- Allah SWT berfirman:

وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ

“Dan Allah akan Menyembuhkan hati orang-orang yang Beriman,” (QS. At-Taubah 9, ayat 14, halaman 189).

BACA JUGA: Pilih Waktu Sedekah yang Tepat Agar Bernilai Lebih

3- Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ. يونس ٥٧

“Wahai Manusia, sungguh, telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Yunus 10, ayat 57, halaman 215).

4- Allah SWT berfirman:

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ. النحل ٦٩

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi Manusia,” (QS. An-Nahel 16, ayat 69, halaman 274).

BACA JUGA: Siksa Kubur dan Api Neraka Menanti

5- Allah SWT berfirman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

“(Dan Kami turunkan dari Al-Quran sesuatu yang menjadi Penyembuh dan Rahmat bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Al-Israa 17, ayat 82, halaman 290).

6- Allah SWT berfirman:

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

“Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku (Doa Nabi Ibrahim),” (QS Asy-Syu’araa 26 , ayat 80, halaman 370).

7- Allah SWT berfirman:

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ

“Katakanlah;bahwa Al-Quran itu, adalah Petunjuk dan menyembuhkan bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Fushshilat 41, ayat 44, halaman 481).

BACA JUGA: Jangan Sampai Belum Juga Hafal Doa-Doa Ini

POINTERS:

1- Jika sakit, segera berobat pada ahlinya, ke dokter, bukan ke dukun.

2- Saat menjalani pengobatan, upayakanlah perbanyak berdoa memohon kesembuhan dengan membaca ayat-ayat tersebut di atas.

3- Doa memohon kesembuhan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi, Antas syaafii. Laa syaafiya illaa Anta, syifaa’an laa, yughaadiru saqaman.

“Yaa Allah, Tuhan seluruh Manusia, hilangkan lah penyakitku ini, sembuhkan lah, hanya Engkau Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

BACA JUGA: Lakukan Hal ini untuk Hindari Gangguan Makhluk Halus

4- Rasulullah ﷺ juga mengajarkan doa kesembuhan dengan cara mebaca doa sambil memegang bagian badan yang dirasa sakit:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillaah. Artinya: Dengan nama Allah (dibaca 3 kali).

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uidzu billaahi wa qudratihii min syarri maa ajidu wa uhaadzir. (dibaca 7 kali).

“Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan apa yang aku khawatirkan”.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kesehatan, kekuatan, kesabaran dan menjauhkan kita dari semua penyakit dan kesulitan hidup.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan -baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here