Pilih Waktu Sedekah yang Tepat Agar Bernilai Lebih

163
Ilustrasi: Sedekah.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Sedekah adalah salah satu ibadah penyelamat dunia dan akhirat, karena dengan sedekah berarti membuka pintu-pintu rezeki, mempermudah urusan, mempercepat kesembuhan, meringankan siksa kubur, didoakan keselamatan dan rezeki berlipat-lipat oleh Malaikat, dan banyak lagi fadhilah-nya.

Berulang kali di dalam Al-Quran, Allah SWT perintahkan hamba-hamba-Nya untuk bersedekah. Sungguh, Allah SWT sangat menyayangi hamba-Nya yang suka bersedekah.

TRUE STORIES:

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, Surah Aali ‘Imraan [3] ayat 92, halaman 62:

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَۗ وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ. (ال عمران ٣ الاية ٩٢)

“Kamu tidak akan mendapatkan kebajikan dan kebaikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu sayangi. Dan apa pun yang kamu infakkan, maka sungguh Allah Maha Mengetahuinya”.

BACA JUGA: Siksa Kubur dan Api Neraka Menanti

POINTERS:

Bersedekah boleh kapan saja. Namun, kalau mau bernilai lebih tinggi dan tambah afdhal lagi, berlipat lipat ganda pahalanya, bersedekahlah di waktu-waktu istimewa ini:

1- Pada hari Jumat. Hari Jumat adalah “penghulunya” hari-hari yang lain. Al-Imam Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa bersedekah di hari Jumat, punya keistimewaan lebih dari hari-hari lainnya.

Seperti halnya juga sedekah pada bulan Ramadhan, lebih afdhal jika dibanding dengan di bulan-bulan lainnya. Maka, jangan pernah ada hari Jumat yang terlewatkan tanpa bersedekah, apapun.

BACA JUGA: Jangan Sampai Belum Juga Hafal Doa-Doa Ini

2- Pada saat sehat. Karena bersedekah di saat sakit, mungkin saja sedekahnya hanya upaya agar sembuh, nilai keikhlasannya kurang, ada udang di balik batu.

3- Pada saat takut miskin. Tentu semua takut miskin. Maka hilangkanlah rasa takut itu dengan sering bersedekah. Allah akan menggantinya dengan yang lebih, dan Allah akan membukakan pintu-pintu rezeki yang lebih banyak lagi.

4- Pada waktu subuh. Di waktu subuh, ada 2 Malaikat datang ke Bumi untuk mendoakan orang-orang yang bersedekah.

Rasulullah SAW menegaskan bahwa:

“Tidak ada satu hari pun, seorang Hamba memasuki waktu pagi, kecuali ada dua Malaikat yang turun. Salah satu dari 2 Malaikat itu mendoakan: “Yaa Allaah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya”. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: “Yaa Allaah, kurangilah rezeki orang yang menahan hartanya, tidak bersedekah,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Lakukan Hal ini untuk Hindari Gangguan Makhluk Halus

5- Orang yang menahan hartanya, Allah juga akan menahan pula rezekinya. Orang “bakhil” atau pelit medit, dibenci Allah, dan Allah juga pelit padanya.

6- Karena besarnya pahala bersedekah, maka setan tekun datang menggoda agar tidak bersedekah. Timbul rasa sayang harta, nanti saja bersedekah, akhirnya batal bersedekah. Maka, lawanlah godaan setan.

Semoga Allah SWT menjadikan kita orang-orang gemar dan mampu memberi dan memberi, bukan yang suka meminta-minta.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here