Jokowi Hadiri Festival Tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi

41

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri hadir di acara Festival Tradisi Islam Nusantara yang digelar di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Senin (9/1/2023) malam yang diselenggarakan PBNU.

Dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menghadiri acara tersebut mengenakan sarung hijau dengan atasan jas warna gelap dan peci hitam.

Sejumlah tokoh terlihat ikut hadir mendampingi Presiden..Dari kalangan pemerintah tampak hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, hadir pula Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf, Ketua Badan Pengembangan Inovasi Strategis PBNU, Zanuba Arifah Hafsoh alias Yenni Wahid

Festival ini akan diisi dengan berbagai pertunjukkan santri. Di antaranya Lalaran Alfiyah Kolosal yang melibatkan lebih dari 500 santri.

Mereka akan membawakan tradisi menghafal nadham ilmu nahwu tersebut secara artistik dengan sentuhan berbagai budaya Nusantara.

Selain itu, juga akan ditampilkan Kreasi Hadrah Nusantara. Tampilan spektakuler ini akan diikuti oleh 300 penabuh rebana dan 500 penari yang membawakan ragam tari daerah berbasis Islam di Nusantara.

Tak hanya itu, dalam acara itu juga akan digelar simposium yang melibatkan 25 cendekiawan dan budayawan berlatar nahdliyin dari seluruh Indonesia. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here