Jahe, Minuman Penduduk Surga

287

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Jahe disebut dalam Al-Quran sebagai olahan minuman bagi penduduk surga. Ini, menunjukkan bahwa minuman Jahe, luar biasa bagi kesehatan. Maka, minumlah olahan Jahe rutin, agar tetap sehat berimun tinggi.

Dunia medis pun telah membuktikan bahwa minuman olahan dari Jahe memiliki banyak khasiat kesehatan yang luar biasa.

TRUE STORIES:

1- Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah SAW satu bejana berisi jahe. Kemudian beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk saya makan,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Abu Nuaim).

2- Nutrisi dan khasiat Jahe sudah dangat populer sejak ribuan tahun lalu. Seorang Tabib, ahli kesehatan pada awal-awal Islam bernama Ibnu Masawih menjelaskan manfaat Jahe untuk kesehatan.

BACA JUGA: 10 Tempat Incaran Jin di Tubuhmu

Kala itu, Jahe dimanfaatkan sebagai obat untuk gangguan hati, meningkatkan vitalitas pria, masalah lambung, sistem pencernaan, meningkatkan imunitas, mensterilkan organ mulut, dan obat demam.

3- Al-Quran menyebut Jahe dengan “Zanjabiil”. Allah SWT berfirman:

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا. (سورة الانسان ٧٦، الاية ١٧)

“Di dalam Surga, mereka diberi gelas berisi minuman yang campurannya adalah JAHE,” (QS. Al-Insaan 76, ayat 17, halaman 579).

4- Dalam Tafsir Al-Azhar (X/7800) dijelaskan, bahwa dari zaman dahulu orang Arab suka sekali meminum minuman yang dicampurkan Jahe yang dimasak lebih dahulu dan diminum sedang panas-panas, terutama di musim dingin. Mereka namai Syarbat  (شربة) yang berarti minuman.

Minuman bercampur Jahe ini dibuat oleh bangsa kita dan dipakai juga nama Arabnya lalu diindonesiakan dengan nama SERBAT atau oleh orang Banggali dengan sebutan “Mandret”.

BACA JUGA: Jatuh Tempo

5- Kandungan dan Manfaat Jahe (Zanjabila). Dalam Kita Shofwah At-Tafasir (3/494) Syekh Ali Ash-Shoobuuni menjelaskan bahwa orang-orang Arab menikmati minuman yang dicampur dengan Jahe, karena harum dan menghangatkan terutama di musim dingin.

6- Dijelaskan oleh Al-Imam Abdul Basit Muhammad As-Sayyid dalam Kitabnya “Rahasia Pola Makan Nabi SAW (184)”, bahwa Jahe mengandung getah, lemak, tepung (amilum), dan volative oil yang memberikan aroma harum yang khas, dan juga getah minyak non volatile (gingerin) yang memberikan rasa yang tajam yang sangat menyehatkan.

7- Dalam buku “Makanan dan Minuman dalam Al-Quran (38)”, disebutkan bahwa Jahe juga mengandung magnesium (Mg) yang bermanfaat untuk membantu: pembentukan sel darah merah, mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, kram otot, diabetes, dan asma.

8- Dalam buku “Rahasia Ramuan Sehat dari Al-Quran (51-52)”, dijelaskan manfaat Jahe, antara lain menghindari sakit kepala, migran, obat batuk, masuk angin, flu, kram saat menstruasi, menurunkan kolesterol, membantu pencernaan, menambah aroma badan.

Menariknya, pada bagian akhir disebutkan Jahe juga bisa sebagai antivirus dan penambah daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Sungguh Penyesalan Luar Biasa

POINTERS:

1- Jahe sangat tepat dikonsumsi secara teratur, terutama di musim hujan dan pandemi.

2- Tingkatkan imunitas, daya tahan dan kesehatanmu dengan Jahe.

3- Al-Quran sering kali mengajak kita untuk berfikir tentang ciptaan-Nya. Karena dengan berfikir akan muncul berbagai macam pertanyaan, kemudian berusaha mencari jawabannya. Sehingga pada akhirnya dengan penuh kesadaran akan mengucapkan “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia,” (QS. Aali Imraan 3, ayat 191, halaman 75).

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita KESEHATAN, agar rajin beribadah.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here