Harus Jelas dan Yakin Saat Bedoa

128

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Tentu kita semua menginginkan agar doa-doa kita segera dikabulkan Allah SWT.

TRUE STORY:

Agar doa dikabulkan, hindarilah kata-kata: “Jika Engkau Menghendaki”.

1- Rasullullah SAW mengingatkan:

عن ابى هريرة رضى الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا يقل أحدكم: اللهم اغفر لي إن شئت، اللهم ارحمني إن شئت، ليعزم المسألة، فإنه لا مكره له

“Janganlah ada yang berdoa dengan mengatakan: “Yaa Allah, ampunilah aku JIKA Engkau Menghendaki, atau berdoa: “Yaa Allah, rahmatilah aku JIKA Engkau menghendaki”. Akan tetapi hendaklah berkeinginan kuat dalam doanya. Karena, sungguh Allah itu, tidak ada sesuatu apapun yang memaksa-Nya untuk berbuat sesuatu,” (Hadits Shahih).

BACA JUGA: Jahe, Minuman Penduduk Surga

2- Pada hadits shahih yang lain, Rasulullah SAW kembali menegaskan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِذَا دَعَا أَحَدُكُمْ فَلَا يَقُلْ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي إِنْ شِئْتَ وَلَكِنْ لِيَعْزِمْ الْمَسْأَلَةَ وَلْيُعَظِّمْ الرَّغْبَةَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَتَعَاظَمُهُ شَيْءٌ أَعْطَاهُ.

“Apabila berdoa, janganlah mengatakan: “Yaa Allah, ampunilah aku JIKA Engkau kehendaki”, namun bersungguh-sungguhlah dalam meminta, dan mintalah yang terbaik. Yakinlah doa dikabulkan, karena sungguh tidak ada sesuatu yang sulit bagi Allah untuk mengabulkan doa,” (Hadits Shahih Riwayat Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: 10 Tempat Incaran Jin di Tubuhmu

POINTERS:

1- Dalam doa, jangan menggunakan kata-kata: “Jika Engkau Menghendaki”. Ini adalah kata yang ragu dan tidak yakin. Maka gunakan kata yang tegas dan pasti, tanpa kata “Jika Engkau Menghendaki”.

Contoh: Jangan berkata, “Yaa Allah, Ampuni aku JIKA Engkau Menghendaki”. Tapi katakanlah: “Yaa Allah, Ampunilah aku”,  hilangkan kata, “Jika Engkau Menghendaki”.

Contoh lain: Jangan berdoa, “Yaa Allah selamatkan, lindungi dan jauhkan kami dari segala musibah JIKA Engkau menghendaki”. Tapi, tegas berkata: “Yaa Allah, Selamatkan, lindungi dan jauhkan kami dari segala musibah”, hilangkanlah kata kata; “JIKA Engkau Menghendaki”.

BACA JUGA: Jatuh Tempo

2- Kata-kata: “JIKA Engkau Menghendaki”, menunjukkan bahwa yang berdoa kurang yakin akan dikabulkan.

Dan kata-kata itu, juga menunjukkan seakan-akan, yang berdoa ragu ragu dan mengira Allah SWT merasa keberatan dengan permintaan HambaNya, atau merasa terpaksa untuk memenuhi permohonan hamba-Nya.

3- Maka, hindarilah berdoa dengan kata kata: “JIKA Engkau menghendaki”, tapi berdoalah dengan kata kata yang tegas tanpa syarat “jika”.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita keyakinan, bahwa Allah SWT Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here