Engkau Selamatkan Mereka, Allah Akan Selamatkan Engkau

145

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Jika engkau dipertemukan dengan orang yang sedang dihimpit kesulitan, atau dililit utang, maka kesempatan emas untuk berbuat baik agar Allah SWT juga menganugerahkan kebaikan yang lebih.

Berat memang, tetapi imbalannya juga luar biasa. Maka, jangan ragu, bantu mereka yang kesulitan, jika ingin dibantu Allah SWT.

BACA JUGA: Karena Senyuman dan Doa

TRUE STORY:

1- Rasulullah ﷺ bersabda:

من سَرَّهُ أَن يُنَجِّيَه الله من كَرْبِ يوم القيامة، فَلْيُنَفِّسْ عن مُعْسِر أو يَضَعْ عنه. (رواه مسلم )

“Siapa yang ingin diselamatkan oleh Allah dari kesulitan-kesulitan hari Kiamat, hendaklah ia menyelamatkan orang orang yang ditimpa kesulitan dan dililit utang di Dunia,” (Hadits Sahih Riwayah Al Imam Muslim).

2- Allah SWT berfirman:

وَإِن كَانَ ذُو عُسۡرَةٖ فَنَظِرَةٌ إِلَىٰ مَيۡسَرَةٖۚ وَأَن تَصَدَّقُواْ خَيۡرٞ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ. (سورة البقرة ٢ الاية ٢٨٠)

“Jika orang yang berutang sedang dalam kesulitan, maka berilah tenggang waktu, sampai dia memperoleh kelapangan dan kemampuan untuk melunasinya. Namun, jika kamu relakan dan disedekahkan utanghya, itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui,” (QS. Al-Baqarah 2, Ayat 280).

BACA JUGA: Rajinlah Dibersihkan Agar Jin Jahat Pergi

3- Rasulullah ﷺ bersabda:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى. (رواه البخارى و مسلم)

“Perumpamaan orang-orang yang Beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan SATU TUBUH. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuh akan ikut merasakan sakitnya,” (Hadits Sahih Riwayah Al Imam Al Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586).

4- Rasulullah ﷺ juga bersabda:

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“Orang Mukmin dengan Mukmin lainnya, seperti bangunan yang saling menguatkan dan menopang satu sama lain,” (Hadits Sahih Riwayah Al Imam Al Bukhari no. 6026 dan Muslim no. 2585).

BACA JUGA: Tiba-Tiba Meninggal

POINTERS:

1- Usahakan sebisa mungkin setiap ada kesempatan, bisa menolong, menyelesaikan kesulitan orang lain. Allah SWT, akan “Turun Tangan” Menyeleaikan kesulitan yang kita hadapi.

2- Sesama Muslim, bagaikan satu tubuh, jika ada yang sakit atau kesulitan, maka kita ikut merasakan.

3- Jangan pernah menyakiti, mencaci, menzolimi, menyulitkan siapa pun, apa lagi sesama Muslim, karena Allah SWT akan murka dan Membalas Nya. Dan Allah tidak akan mengampuni sebelum yang terzhalimi itu memaafkan.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin ikhlas membantu dan peduli sesama.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here