Doa Agar Terhindar dari Kecelakaan Maut

62

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Musibah selalu mengintai kapanpun. Hanya Allah SWT Yang bisa Melindungi. Semua kita pasti akan meninggal, dan kita memohon agar Husnul Khaatimah.

Selain Husnul Khaatimah, kita juga memohon saat meninggal bukan karena kecelakaan maut yang memilukan, tetapi meninggal dengan tenang, damai, dan indah.

TRUE STORY:

Rasulullah ﷺ mengajarkan sebuah doa agar kita dijauhkan dari berbagai hal yang memilukan.

Rasulullah ﷺ bersabda:

عَنْ أَبِي الْيَسَرِ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ :اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي ، وَالْهَدْمِ، وَالْغَرَقِ، وَالْحَرِيقِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا. (رواه النسائى)

BACA JUGA: Yang Tidak Mendengar Adzan Lebih Nakal dari Setan

Rasulullah ﷺ sering berdoa dengan doa ini:

“Ya Allaah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dan memohon dijauhkan dari hal hal ini semua: terjatuh dari tempat tinggi, tertimpa bangunan (termasuk terkena benturan keras dan tertimbun tanah longsor), tenggelam, terbakar.

Aku juga berlindung pada-Mu dari campur tangan setan ketika akan meninggal. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan lari dari medan perang. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal karena tersengat hewan beracun,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Nasaa’i No. 5531).

BACA JUGA: Curahkanlah Infakmu dan Doamu di Mihrab

POINTERS:

Seringlah membaca doa ini:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَالْهَدْمِ، وَالْغَرَقِ، وَالْحَرِيقِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

Allaahumma innii a’uudzu biKa minat taraddii, wal hadmi, wal gharaqi, wal hariiqi. Wa a’uudzu biKa an yatakhabbataniisy Syaitaanu ‘indal mauti, wa a’uudzu biKa an amuuta fii sabiiliKa mudbiran, wa a’uudzu biKa an amuuta ladiighan.

“Ya Allaah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dan memohon dijauhkan dari hal hal ini semua: terjatuh dari tempat tinggi, tertimpa bangunan (termasuk terkena benturan keras dan tertimbun tanah longsor), tenggelam, terbakar.

BACA JUGA: Jika Ada yang Sakit, Kesempatan Emas Menambah Pahala

Aku juga berlindung pada-Mu dari campur tangan setan ketika akan meninggal. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan lari dari medan perang. Aku juga berlindung kepada-Mu dari meninggal karena tersengat hewan beracun”.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan merahmati kita semua.

Dan Allah SWT selalu pula membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here