Dilihat Orang

470

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Perilaku seorang Muslim akan mengharumkan atau merusak nama baik Muslim lainnya. Mari bersatu, saling tolong menolong, saling menghormati, menyayangi dan melindungi. Jauhi caci maki, nyinyir, ujaran kebencian, fitnah, hoaks dan saling menjatuhkan.

Upayakanlah mempercantik diri, perbuatan, perilaku dan penampilan diri, karena orang lain terutama yang bukan Muslim, akan memandang dan mengira itulah wajah Islam yang sebenarnya.

BACA JUGA:

Doa Pendek Tapi Mencakup

Boleh Umumkan Infak dan Sedekah untuk Memancing yang Lain

Pedulilah kepada Orangtua Meski Mereka Telah Tiada

TRUE STORIES:

Rasulullah ﷺ bersabda:

الْمُؤْمِنُ مِرْآةُ الْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنُ أَخُو الْمُؤْمِنِ يَكُفُّ عَلَيْهِ ضَيْعَتَهُ وَيَحُوطُهُ مِنْ وراءه. (رواه ابو داود)

“Seorang Mukmin adalah cermin bagi Mukmin yang lain. Orang Mukmin adalah saudara bagi Mukmin yang lain. Saling menjaga, tidak merusak harta dan mesti saling menjaga kehormatan sesama,” (Hadis Sahih Riwayat Abu Dawud no. 4918).

SOLUSI:

1- Jaga prilaku dan ucapan, karena orang lain menilai seolah itulah Islam.

2- Jangan ikut merusak nama baik Islam karena perilaku dan ucapan buruk kita.

3- Jika perilaku dan ucapan kita baik dan indah, orang lain akan simpati pada Islam dan Muslim lainnya. Jika perilaku kita buruk, maka orang lain akan menjauhi Islam dan Muslim lainnya.

BACA JUGA: Tidur yang Tenang

4- Berbuatlah lebih baik dari mereka yang non Muslim. Jangan hanya rajin mengomentari action mereka, tapi kita sendiri tidak action berbuat lebih baik.

5- Yang sangat amat dibutuhkan sekarang, adalah persatuan, kekompakan dan persaudaraan kokoh sesama Muslim, “yasyuddu ba’dhuhum ba’dhon”, bukan saling menghina dan menghujat sesama Muslim, tapi abai pada massiv nya usaha keras mereka yang ingin umat Muslim tambah terpecah pecah.

6- Jadilah “Lil Muttaqiina Imaamaa” panutan indah bagi yang lain.

BACA JUGA: Menyayangi Anak adalah Kunci Masuk Surga

7- Setop bertengkar, saling menjatuhkan, setop galak sesama Muslim, tapi lunglai dan abai terhadap kemungkaran yang nyata dibuat oleh umat lain, mereka yang menginginkan Islam lenyap dari negeri ini.

Yaa Allaah, perindahlah kehidupan kami agar kami bisa menjadi panutan bagi yang lain. Bimbing dan berkati hidup kami. Jauhkan kami dari prilaku buruk. Ampuni dosa-dosa kami. Rahmati dan ridhai hidup-mati kami, Yaa Allah. Aamiin.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here