Berdosa kepada Manusia Jauh Lebih Berat Daripada Berdosa kepada Allah

154

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Berdosa kepada Allah SWT, lalu bertaubat, rajin Istighfar, tidak mengulangi lagi, Allah akan ampuni. Karena Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.

Bersalah kepada manusia, Allah tidak akan memaafkan kesalahan, kecurangan dan kezhaliman sesama manusia, sebelum mereka saling memaafkan.

BACA JUGA: Jangan Sampai Lebih Buruk dari Sebelumnya

TRUE STORIES:

1- Segeralah saling memaafkan sebelum meninggal. Rasulullah ﷺ bersabda:

من كانت له مظلمة لأخيه من عرضه أو شيء فليتحلله منه اليوم قبل أن لا يكون دينار ولا درهم إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه فحمل عليه. (رواه البخارى )

“Orang yang pernah menzalimi sesamanya dalam hal apapun, termasuk mengambil hak orang lain, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya dihalalkan dan dimaafkan oleh yang bersangkutan, sebelum datang hari dimana tidak ada lagi Dinar dan Dirham.

Jika orang tersebut memiliki amal shaleh, amal shalehnya akan dikurangi untuk membayar kezalimannya. Jika ia tidak memiliki amal shaleh, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zalimi,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari no.2449).

BACA JUGA: Masuk Surga dengan Shalat Al-Bardain dan Shalat Al-‘Atamah

2- Hiduplah saling menyayangi, saling peduli. Rasulullah ﷺ Bersabda:

لا يرحم الله من لا يرحم الناس. (رواه البخارى)

“Allah tidak akan merahmati orang yang tidak menyayangi orang lain,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari).

3- Sering seringlah berjabatan tangan, saling memaafkan. Rasulullah ﷺ bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :ان المسلم اذا صافح اخاه تحاتت خطاياهما كما يتحات ورقة الشجر. (صحيح الترغيب ٢٧٢١)

“Sungguh, jika seorang Muslim berjabat tangan dengan sesama Muslim lainnya, maka dosa dosa mereka yang bersalaman tangan itu berguguran seperti daun daun kering yang berguguran dari pohon,” (Hadits Sahih At-Targiib 2721).

BACA JUGA: Agar Aman Saat Bepergian

POINTERS:

1- Jangan pernah menganggap remeh hak-hak orang lain yang ada pada kita, segera selesaikan.

2- Jika pernah menyakiti, menggosipkan, memfitnah, mencaci, atau menzalimi seseorang, segeralah selesaikan sebelum meninggal. Karena Allah tidak akan memaafkan dosa antar manusia, sebelum mereka saling memafkan dan saling meridhai.

BACA JUGA: Awal Mula Redaksi Salam dan Titip Salam

3- Jangan mengorbankan akhirat demi dunia:

لا تجعل الدنيا تسرق منك هذه الخمس :لحظة الصفاء مع ربك، والبر مع واليك، والحب لعاءلتك، والاحسان لمن حولك، والاخلاص فى عملك

“Jangan menderita di akhirat karena sibuk menguber dunia, sehingga abai akan 5 hal: waktu-waktu hening khusyu’ bersama Allah, berbakti pada kedua orangtua, berkasih sayang pada keluarga, peduli dan BERBUAT BAIK pada tetangga, teman dan sesama, serta jujur dan ikhlas dalam segala perbuatan”.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan untuk rajin menolong dan peduli sesama.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT dan menjauhi sifat namiimah, ghiibah, mencaci dan memfitnah.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here