Jangan Sampai Lebih Buruk dari Sebelumnya

106

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Setelah kita mencapai usia yang tidak muda lagi, tentu kita menginginkan kehidupan yang lebih baik lagi dari hari hari sebelumnya.

Seperti yang telah diperingatkan sebagai berikut:

“Siapa hari ini lebih baik dari pada hari kemarin, maka dia adalah orang yang beruntung. Siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka dia adalah orang yang merugi. Dan siapa yang hari ini lebih buruk dari pada hari kemarin, maka dia adalah orang yang terlaknat.”

من كان يومه خيرا من أمسه فهو رابح.  ومن كان يومه مثل أمسه فهو مغبون.  ومن كان يومه شرا من أمسه فهو ملعون. (رواه البيهقى).

Maka, kita harus lebih baik dari hari hari sebelumnya dalam segala hal, terutama dalam 3 hal: kualitas dan kuantitas Ibadah, kesejahteraan kehidupan ekonomi, penambahan dan penguasaan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA: Masuk Surga dengan Shalat Al-Bardain dan Shalat Al-‘Atamah

Sungguh kita sangat butuh harta yang membahagiakan, bukan harta yang menjerumuskan membuat kita liar tak terkendali.

Kita juga butuh ilmu agar tidak ketinggalan zaman, dan yang lebih penting lagi adalah kualitas amal ibadah yang diterima.

TRUE STORIES:

1- Persiapkan diri agar lebih baik. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ. (الحشر ٥٩ الاية ١٨)

“Hai orang-orang yang Beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah disiapkannya untuk hari esok; dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al-Hasyar [59]: 18).

BACA JUGA: Agar Aman Saat Bepergian

2- Setelah berbuat, bekerja keras, serius berusaha, lengkapi dengan DOA.

Inilah doa yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ untuk memperoleh tiga hal tersebut di atas:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

 “Yaa Allah, aku memohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang membahagiakan, dan amal yang diterima,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Ibnu Majah no. 925).

3- Ini doa lain yang juga diajarkan oleh Rasulullah ﷺ:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

“Yaa Allah, aku berlindung pada-Mu dari ilmu pengetahuan yang membahayakan, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar, permohonan yang tidak dikabulkan,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837).

BACA JUGA: Awal Mula Redaksi Salam dan Titip Salam

POINTERS:

1- Setelah serius bekerja, dan berusaha keras, maka rajinlah berdoa dan rutin Berdzikir pagi dan petang. Allah Subhaanahuu wa Ta’aalaa berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا, وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

 “Wahai orang-orang yang Beriman, berdzikirlah menyebut nama Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan Bertasbihlah pada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzaab: 41-42).

2- Dan hafalkan doa-doa tersebut di atas, dan sering seringlah membacanya. Minimal baca 1 kali di pagi hari dan 1 kali di sore hari. Afdhalnya setiap setelah shalat 5 waktu.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan rajin berdoa, rajin membaca Al-Quran.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here