Apa Perintah Rasulullah Setelah Shalat?

106
Ilustrasi: Dzikir.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Iblis, jin atau setan selalu mengintai ingin mencari teman sebanyak-banyaknya. Jika berhasil, maka orang yang tergoda, tidak sadar kalau dia tergoda dan bisa berbuat hal-hal yang tidak masuk akal sehat, bahkan bisa menjadi “kesetanan”.

Misal: korupsi, merampok, memfitnah, ghiibah, namiimah, bermaksiat, memperkosa, tega membunuh, bahkan membubuh anak atau orang tua sendiri, lalu dimutilasi.

Setelah berbuat, setannya pergi, barulah MENYESAL.

BACA JUGA: Sesibuk Apapun, Usahakan Tetap Silaturahim

TRUE STORIES:

Siapa yang ingin dikawal oleh Malaikat Allah agar dijauhkan dari gangguan jin, iblis, atau setan dan orang orang jahat, maka bacalah dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ dibawah ini 10 kali setiap selesai Shalat Wajib terutama Shalat Subuh sebelum berdiri dan sebelum berbicara dengan siapapun.

Inilah bacaan dzikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ sebagai berikut:

 لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ لهُ، لهُ المُلكُ ، ولهُ الحمدُ، يُحيي ويُميتُ، وهوَ على كلِّ شيءٍ قديرٌ

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syaiin qadiir.

“Tiada Tuhan selain Allah. Tuhan Yang Esa, Tiada sekutu bagiNya. Dialah Penguasa dan Pemilik segala kerajaan. UntukNya lah segala puja puji. Dialah Yang menghidupkan, dan Dia pulalah Yang mematikan. Dan Dia, Maha Kuasa atas segala galanya” (baca 10 kali).

BACA JUGA: Mencari Mangsa Mulai Jelang Maghrib

Demikian inti terjemahan dari Sabda Rasulullah ﷺ berikut ini:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :مَن قال في دُبرِ صلاةِ الفجرِ وهوَ ثانٍ رجلَيْهِ قبلَ أن يتكلمَ : “لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ لهُ، لهُ المُلكُ ، ولهُ الحمدُ، يُحيي ويُميتُ، وهوَ على كلِّ شيءٍ قديرٌ” عشرَ مرَّاتٍ كتبَ اللهُ لهُ عشرَ حسناتٍ ومحا عنهُ عشرَ سَيئاتٍ، ورفعَ لهُ عشرَ درجاتٍ، وكان يومَهُ ذلكَ كلَّهُ في حرزٍ مِن كلِّ مَكروهٍ وحُرِسَ من الشَّيطانِ ولَم ينبغِ لذنبٍ أن يُدركَهُ في ذلكَ اليومِ إلَّا الشِّركُ باللهِ

أخرجه الشيخ الألباني في صحيح الترغيب. معنى كلمة :”ثان رجلين قبل ان يتكلم” تعنى قبل أن يحرك قدميه ويقوم من صلاته

POINTERS:

1- Makanya, para Imam shalat berjamaah, setelah shalat sering memimpin membaca dzikir tersebut di atas berulang 10 kali, tidak seperti dzikir lain yang hanya dibaca 1 atau 3 kali saja.

2- Selain dijauhkan dari gangguan jin, iblis atau setan, pembacanya juga akan dianugerahi 10 keberuntungan, diampuni dari 10 dosa yang terlanjur ia buat, dianugerahi 10 kehormatan, sepanjang hari harinya dijauhkan dari hal-hal yang merugikan, hal-hal yang tidak disukainya, dan diapun dijaukan dari hal-hal yang mungkin menjerumuskan ke perbuatan dosa.

BACA JUGA: Setelah Perintah Shalat, Langsung Perintah Qurban

3- Apa bedanya antara jin, iblis dan setan? Jin ada yang baik dan ada yang jahat, iblis terkadang baik terkadang jahat, sedang setan, selalu jahat, tidak pernah baik. Di antara setan yang getol berusaha menjerumuskan orang bernama “khanzab” (خنزب).

Setan Khanzab inilah yang selalu mengikuti dan memepet, terutama orang yang mau berbuat baik dan shalat.

Semoga Allah SWT selalu menerima doa-doa kita, dan menjauhkan kita dari semua kemungkaran, musibah dan gangguan jin, iblis atau setan. Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here