Setelah Perintah Shalat, Langsung Perintah Qurban

149
Hewan Kurban.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Surah terpendek dalam Al-Quran adalah Surah Al-Kautsar, yaitu Surah ke 108, hanya berisi 3 ayat, terdapat di halaman 602.

Inti dari Surah ini adalah perintah SHALAT dan BERQURBAN.

Pertama kali yang akan dipertanyakan dan diperiksa kelak di akhirat adalah shalat. Jika shalat dinilai ok, baik, maka hal-hal lainnya tidak akan terlalu dipersoalkan.

Begitu pentingnya peran shalat dalam menyelamatkan seseorang mulai di alam kubur hingga di alam akhirat. Maka jangan pernah menunda, apalagi meninggalkan shalat.

Selain shalat, ada lagi perintah setelahnya, yaitu berqurban. Qurbanjuga akan menyelamatkan kelak di akhirat.

TRUE STORIES:

Allah SWT perintahkan hamba-Nya mengerjakan shalat, dan Allah langsung juga perintahkan ber QURBAN:

انا أعطيناك الكوثر. فصل لربك وانحر

Innaa A’thoinaakal kautsar, fasholli li Rabbika wanhar.

“Sungguh, Kami telah memberimu ni’mat yang banyak. Maka, kerjakanlah shalat karena Tuhanmu, dan BER QURBANLAH, sebagai ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah,” (QS. Al-Kautsar 108, ayat 1-2, halaman 602).

POINTERS:

1- BERQURBANLAH. Begitu pentingnya berqurban yang hanya sekali setahun, maka jangan sampai 4 hari penting ini TERLEWATKAN tanpa berqurban, yaitu:

Satu hari Nahar (نحر) yaitu hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah, dan 3 hari hari Tasyriiq (تشريق) pada 11, 12 & 13 Dzulhijjah. Jika 4 hari setiap tahun ini terlewatkan, sungguh suatu kerugian besar yang luar biasa.

2- MINIMAL 1 EKOR DOMBA. KALAU MAMPU 1 EKOR SAPI TIAP ORANG. Berqurbanlah minimal satu ekor domba tiap orang dan afdhalnya bagi yang mampu 1 ekor sapi setiap individu.

Lebih banyak orang yang menikmati daging qurban kita, tentu akan lebih besar pahala dan balasan dari Allah SWT.

Namun, jika memang betul-betul TIDAK mampu, ya 1 ekor domba bisa untuk atas nama sekeluarga. Atau bagi keluarga yang sedang sedang saja, 1 ekor sapi, kerbau atau unta bisa beramai-ramai, tapi maksimum untuk 7 orang.

3- Rasulullah ﷺ mengingatkan umatnya:

عَنْ أبِي هُرَيْرَة: أنَّ رَسُوْل اللهِ صلى الله عليه وسلم قال: مَنْ كَانَ لهُ سَعَة وَلمْ يَضَحْ فَلا يَقْربَنَّ مُصَلَّانَا (رواه احمد وابن ماجه)

“Siapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak ber Qurban, maka dia jangan sekali kali mendekati tempat Shalat kami,” (Hadits Riwayat Al-Imam Ahmad dan Ibnu Majah).

Pada kata (فلا يقربن) ada huruf ن (Nun Ta’kiid), huruf PENEGASAN larangan jangan mendekat ke masjid bagi yang tidak mau berqurban padahal mampu.

4- Dalam hadits lain, Rasulullah ﷺ mengimbau lagi:

يَا يُّهَاالنَّاسُ اِنَّ عَلى كُل أهْلِ بَيْتٍ في كلِّ عَامٍ أُضْحِيَّة

“Wahai Manusia, sungguh atas setiap penghuni rumah pada tiap-tiap tahun di Sunnah kan ber Qurban,” (Hadits Sahih Riwayat Abu Dawud).

5- Allah SWT berfirman:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ. الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلَىٰ مَا أَصَابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلَاةِ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. (الحج الاية ٣٤ – ٣٥)

“Dan bagi setiap ummat telah Kami syariatkan penyembelihan Qurban, agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang telah dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah.

Yaitu, orang-orang yang apabila disebut nama Allah, hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan shalat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka,” (QS. Al-Hajj [22] ayat 34-35, halaman 336).

6- Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa berqurban juga akan membuat jiwa selalu damai, hati tenang, dan pikiran sehat. Rasulullah ﷺ bersabda:

ما عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا. (رواه الترمذى)

“Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Qurbanyang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan qurban. Sungguh, hewan qurban itu kelak pada hari Kiamat, akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sungguh, sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka TENANGKAN dan DAMAIKAN lah jiwa dengan berqurban,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam At-Tirmidzi).

7- Janganlah malu maluin, masa konglomerat, kaya raya, pengusaha besar atau pejabat tinggi, berqurban hanya 1 ekor kambing sama dengan orang kebanyakan. Yang mampu, berqurbanlah setiap individu beberapa ekor lembu dan domba di beberapa tempat. Lebih banyak orang yang meni’mati daging qurbannya, tentu lebih besar pahalanya.

8- Ibadah qurban, juga berfungsi sebagai “PENENANG JIWA DAN HATI DAMAI”

فطيبوا بها نفسا

Demikian ditegaskan oleh Rasulullah ﷺ dalam haditsnya tersebut di atas.

Semoga Allah SWT senantiasa mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan berqurban setiap tahun.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here