Mencari Mangsa Mulai Jelang Maghrib

97

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Para orang tua zaman dahulu biasanya melarang anak-anak bermain di luar rumah saat “sendekala” atau “Senja Kala”. Dan mungkin kebiasaan ini masih sering di zaman ini.

Dan memang pada waktu “Senja Kala” atau Sendekala banyak makhluk halus berlalu-lalang mengintai sasaran terutama anak-anak.

TRUE STORIES:

Rasulullah ﷺ bersabda, mengingatkan:

عن جابر بن عبد الله رضى الله عنهما ؛ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم؛ إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ – أَوْ أَمْسَيْتُمْ – فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ، وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهِ، وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ. (رواه البخارى و مسلم)

“Bila hari telah senja, awasi anak-anak kalian, karena ketika itu setan berkeliaran. Dan bila sudah masuk sebagian waktu malam, silahkan biarkanlah mereka. Tutuplah pintu pintu dan sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang ditutup dengan menyebut nama Allah. Tutup semua wadah wadah air kalian dengan menyebut nama Allah dan tutuplah bejana kalian dengan menyebut nama Allah, dengan membentangkan sesuatu di atasnya, dan padamkan lampu lampu penerang kalian ketika hendak tidur,” (Hadits Sahih Riwayat Al Imam Al Bukhari 5623 dan Muslim 3756).

POINTERS:

1- Apabila hari telah senja, matahari akan tenggelam, gelapnya malam mulai datang, menjelang adzan Maghrib berkumandang, ajak anak-anak segera masuk rumah, tahan mereka agar tidak keluar rumah.

2- Jika mereka ikut ke masjid, pastikan mereka berada di dalam masjid.

3- Jangan sampai kemasukan setan. Ketika sore menjelang Maghrib, itulah setan atau jin nakal berkeliaran mencari mangsa untuk dipengaruhi menjauhi Tuhan.

4- Selain jangan berkeliaran waktu menjelang Maghrib, biasakan menutup pintu-pintu rumah dan menutup semua gelas berisi air minum dan semua piring-piring yang berisi makanan dengan membaca BASMALAH.

5- Matikan lampu-lampu saat akan tidur. Tidur tanpa penerang adalah Sunnah Rasul dan lebih sehat.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita, mengijabah doa-doa kita, dan menganugerahkan kita kemampuan untuk rajin membaca Al-Quran dan berdoa. Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here