Sesibuk Apapun, Usahakan Tetap Silaturahim

107
Bersalaman atau berjabat tangan tak hanya meredakan konflik, tapi juga menumbuhkan cinta, persaudaraan, dan mendatangkan ampunan Allah.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Silaturahim, saling kunjung, saling sapa dan peduli sesama adalah ibadah. Islam mewajibkan silaturahim, sehingga yang rajin bersilaturahim, dimudahkan rezekinya, dipanjangkan umur kemanfaatannya.

Meski hidup di kota yang sibuk, orang pada sibuk, namun hubungan silaturahim haruslah tetap diperkokoh. Saling mengunjungi dan temu santai, minimal sering bertegur sapa dan saling mendoakan melalui medsosnya masing-masing.

TRUE STORIES:

Rasul ﷺ menegaskan:

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ؛ الرحم معلقة بالعرش تقول: من وصلنى وصله الله ومن قطعنى قطعه الله، رواه مسلم

“Cinta dan kasih sayang itu bergantung di ‘Arasy Singgasana Nya Allah, siapa yang menyambungkannya, maka Allah akan mencurahkan kasih sayang-Nya untuknya. Dan siapa yang memutuskannya, maka Allah juga akan memutuskan kasih sayang-Nya untuknya,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam Muslim).

BACA JUGA: Mencari Mangsa Mulai Jelang Maghrib

POINTERS:

1- Salah satu penyebab kekacauan adalah tergerusnya kebiasaan silaturahim, dan suburnya perpecahan, saling hujat, caci dan saling meremehkan. Sehingga, walau jumlahnya nyata mayoritas, namun terjungkal bertekuk lutut dan diperbudak oleh yang sedikit solid dan rajin bersilaturahim.

2- Jika tidak bisa bersilaturahim, tidak sempat mengunjungi atau menyapa, minimal jangan dicaci, jangan dihujat dan fitnah.

3- Ketahuilah bahwa Amar Ma’ruf mengajak ke hal-hal yang positif. BEDA JAUH dengan Nahi Mungkar yang mencegah dari hal-hal buruk.

BACA JUGA: Seolah Makan Bangkai Mayat Saudara Sendiri

Sayang terkadang, mengaku Nahi Mungkar, tapi sibuk memupuk kemungkaran itu sendiri, sehingga permusuhan pun tumbuh kembang dan rimbun. Maka gadget dan group WhatsApp pun menjadi wadah ajang bertengkar dan pisau pemutus silaturahim yang tajam.

Yaa Allah, anugerahilah kami kemampuan selalu menyambungkan silaturahim, memperkokoh persaudaraan, dan saling peduli, tolong menolong dalam kebaikan.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here