Agar Hati Tenang dan Tidak Stress

405

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Kaya, jabatan tinggi, pangkat dan gagah lagi cantik belum tentu membuat hidup bahagia, hati damai, dan jiwa tenteram, meski ini semua perlu diuber dengan bekerja keras.

TRUE STORY:

1- Hanya Allah SWT yang mampu memberikan ketenangan, kebahagiaan dan kedamaian, bukan kekayaan materi, pangkat dan jabatan yang selangit.

Allah SWT menegaskan:

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اِيْمَانًا مَّعَ اِيْمَانِهِمْ ۗ وَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ. (الفتح الاية ٤)

“Dialah Allah Yang Menganugerahkan ketenangan ke dalam hati orang-orang Mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka yang telah ada. Dan milik Allah-lah bala tentara Langit dan Bumi, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,” (QS. Al-Fatah, Surah ke-48, Ayat 4, halaman 511).

BACA JUGA: Lakukan 5 Hal ini Setelah Bangun Tidur

2- Untuk hidup bahagia, damai dan tenteram, tidak stress dan tidak selalu dalam kecemasan, maka jadikan 5 hal berikut ini sebagai karakter dasar dalam keseharian:

a) Tidak akan berkata bohong selama masih bisa berkata JUJUR.

b) Tidak akan menggunakan barang atau makanan yang haram selama yang HALAL masih ada.

c) Tidak akan menceritakan aib orang lain padahal aib itu ada pada diri sendiri.

d) Tidak akan melanggar aturan Allah dan tidak juga berbuat maksiat, karena yakin Allah SWT selalu MELIHAT.

e) Tidak akan mengingkari NIKMAT Allah, apa lagi KUFUR Nikmat, karena Allah lah yang telah mencukupkan nikmat dan karunia-Nya. Yakin bahwa NIKMAT itu adalah pemberian Allah SWT.

BACA JUGA: Surga Tertutup Rapat Bagi Anak yang Mengecewakan Ayah-Ibunya

3- Allah mWT Menegaskan bahwa bacaan Al-Quran adalah obat penenang dan rahmat kasih sayang bagi orang-orang yang beriman:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ  (الاسراء الاية ٨٢)

“Dan Kami turunkan Al-Quran sebagai obat penawar, penenang dan rahmat bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Al-Israa, Surah ke-17, Ayat 82, halaman 290).

4- Allah SWT berfirman bahwa dengan selalu mengingat Allah lah, hati akan damai, jiwa tenang dan bahagia:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب. (الرعد الاية ٢٨)

“Orang-orang yang ber Iman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram,” (QS. Surah Ar-Ra’d, surah ke-13, Ayat 28, halaman 252).

BACA JUGA: Bertukar Hadiah itu Ibadah

POINTERS:

1- Cara yang paling mudah MENGINGAT Allah adalah dengan:

a) Sholat jangan BURU-BURU. Ruku dan sujudlah dengan tenang agak lama sambil menghayati makna bacaannya.

b) Rutin membaca Al-Quran dengan artinya setiap hari minimal 10 ayat. Terkadang belum terasa hasilnya, namum jika sudah terbiasa, akan dahsyat dampaknya.

2- Teruslah berusaha maksimal meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah harian; seperti Shalat Wajib dan Shalat Sunnah, membaca Al-Quran, Tahajjud di tengah malam saat orang lain tertidur nyenyak, peduli sesama dan bersedekah.

3- Jika ini rutin diamalkan, yakinlah dengan “haqqul yaqiin”, bahwa Allah akan memasukkan KETENANGAN ke dalam hati dan kedamaian ke dalam jiwa.

BACA JUGA: Penyebab Kesulitan Hidup

4- Jika hal hal tersebut di atas diabaikan, dan tetap menjauh dari Tuhan, maka kekayaan yang menggunung, pangkat yang melangit, dan jabatan yang menguasai, tidak akan mampu memberikan ketenangan, kebahagiaan dan kedamaian hidup, bahkan sebaliknya, justru kekayaan dan jabatan itulah yang mendatangkan MUSIBAH, kehancuran dan kehinaan pada diri sendiri, keluarga dan rumah tangga.

Mari berdoa, agar Allah SWT menganugerahkan kita hati yang selalu tenang dan damai. Dijauhkan dari hati yang selalu cemas, stress, khawatir dan ketakutan.

Dan Allah SWT senantiasa pula membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here