Israel Larang Warga Palestina Shalat di Masjidil Aqsha

560

Muslim Obsession – Otoritas Israel membatasi puluhan ribu orang Palestina pada Jumat (16/4/2021) untuk memasuki Masjid Al-Aqsha yang bersejarah di Yerusalem.

Dengan alasan bahwa hanya mereka yang telah menerima vaksin COVID-19 yang dapat mengunjungi situs suci tersebut meskipun dosis yang tersedia tidak mencukupi.

Israel pertama kali mengizinkan ratusan warga Palestina dari Tepi Barat yang diduduki dengan izin khusus untuk memasuki Yerusalem.

Tetapi juga ditetapkan bahwa mereka yang ingin melaksanakan salat harus sudah minum vaksin COVID-19, yang menghalangi ribuan orang untuk ikut shalat.

COGAT, badan militer Israel yang mengelola Tepi Barat, mengatakan 10.000 warga Palestina yang divaksinasi telah diberi izin tahun ini untuk memasuki Yerusalem untuk shalat.

Polisi menutup jalan-jalan di sekitar Yerusalem ketika bus-bus yang penuh dengan peziarah masuk. Di dalam masjid Al-Aqsha, pria dan wanita Palestina duduk di lantai berkarpet, membaca Alquran. Saat shalat berakhir, jamaah berjalan keluar dari kompleks suci dengan sajadah terlipat tersampir di bahu mereka.

Jumlah vaksin yang tersedia di Tepi Barat tidak mencukupi karena vaksinasi terbatas pada mereka yang menderita penyakit kronis dan mereka yang berusia di atas 60 tahun, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Bentrokan meningkat antara warga Palestina dan polisi Israel di pos pemeriksaan Qalandia, karena sebagian besar warga Palestina tidak bisa mendapatkan vaksin. Juru bicara polisi Israel Shimon Cohen mengatakan tujuh orang ditangkap semalam di lingkungan Palestina dekat Kota Tua Yerusalem Timur, rumah masjid.

Awal pekan ini, warga Palestina menuduh Israel membobol empat menara masjid dan memotong kabel untuk mencegah panggilan sholat disiarkan di pengeras suara.

Abu Sway dari Waqf mengatakan tindakan itu dilakukan setelah para pejabat Islam menolak untuk mematikan pengeras suara pada hari Rabu selama peringatan untuk orang Israel yang jatuh di Tembok Barat yang berdekatan.

Polisi Israel tidak mengomentari tuduhan tersebut. Yordania, penjaga situs Islam di Yerusalem, mengutuk apa yang disebut Israel sebagai pelanggaran “terang-terangan” terhadap status quo dan menuduhnya melakukan provokasi.

“Kami diblokir dari memasuki Yerusalem dan berdoa di Al-Aqsa,” kata penduduk Palestina Samya Abdel-Aziz kepada Anadolu Agency (AA), menambahkan: “Israel meminta vaksin virus corona untuk membatasi jamaah memasuki Al-Aqsa dan mengosongkannya dalam satu langkah. untuk mengontrolnya.”

“Kami menjunjung hak kami atas masjid dan kami menuntut intervensi internasional dan hak asasi manusia untuk mencegah negara pendudukan (Israel),” katanya.

Sheikh Azzam al-Khatib, kepala dewan urusan Waqf Islam, mengatakan kepada Agence France-Presse (AFP) sekitar 70.000 jamaah datang dari Yerusalem, Tepi Barat yang diduduki Israel dan dari komunitas Arab di dalam Israel. Ramadhan lalu, “mereka (otoritas Israel) tidak mengizinkan siapa pun memasuki Al-Aqsa kecuali saya,” katanya.

Di Jalur Gaza, Israel tidak mengizinkan warganya pergi ke Masjid Al-Aqsa untuk sholat.

Selama bertahun-tahun, beribadah di Al-Aqsa terbatas pada penduduk Yerusalem Timur yang diduduki dan kota-kota Arab di Israel. Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu Temple Mount, mengklaim itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel 1967. Itu mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here