Setiap Detik Menunggu Doamu

121

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Doa anak untuk orangtua, adalah 1 dari 3 pahala ibadah yang tidak terputus meski orangtua sudah wafat.

Maka tanamkan pengetahuan agama dan didikan agama pada anak sedini mungkin, agar ada anak yang terus berbuat shalih dan selalu mendoakan orangtuanya, bukan anak yang merepotkan dan mempersulit orangtua.

TRUE STORIES:

1- Anak yang cinta dan bakti pada kedua ibu-bapak, maka perbanyaklah doa ini:

إستغفارك لوالديك بقولك “رب اغفر لي ولوالدي وارحمهما كما ربيانى صغيرا”

Rabbigh fir lii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa Rabbayaanii Shoghiiraa.

“Tuhanku, ampunilah aku, dan ampuni serta sayangi pula kedua orangtuaku, seperti orangtua yang menyayangi dan memanjakan anak anaknya di waktu kecil”.

BACA JUGA: Apa Perintah Rasulullah Setelah Shalat?

2- Doa dari Rasulullah ﷺ ini bukan saja mohon ampunan untuk diri sendiri, tapi juga memohon ampunan dan keselamatan untuk kedua ibu bapak.

Rasulullah ﷺ bersabda:

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ان الرجل لترفع درجته فى الجنة. انى هذا ؟ فيقال : باستغفار ولدك لك. (رواه ابن ماجة وصححه البانى)

“Sungguh saat di Surga kelak, ada orang yang dinaikkan derajat dan kemuliannya. Ia pun terheran kagum, bertanya: “Kenapa bisa begini ?”. Dijawab: “Ini, karena doa dan permohonan ampunan anakmu untukmu,” (Hadis Sahih Riwayat Ibnu Majah).

BACA JUGA: Sesibuk Apapun, Usahakan Tetap Silaturahim

POINTERS:

1- Setiap detik, kedua ibu bapak menanti doa anak-anaknya, terutama yang sudah berada di kegelapan Alam Barzah. Doa anak shalihnya inilah yang menerangi kuburannya. Sebaliknya, jika anak berbuat kemaksiatan, maka akan menambah kegelapan kubur orangtua.

2- Maka, jangan ada pagi dan sore yang terlewatkan tanpa mendoakan kedua orangtua yang terus merindukan doa anak-anaknya, karena mereka sudah tidak bisa lagi berdoa.

Semoga kita selalu dibimbing Allah memperbanyak mohon ampunan untuk diri sendiri, keluarga dan kedua orangtua.

Dan senantiasa pula Allah membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here